Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbalik (Reciprocal Teaching) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Siswa SMP

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbalik (Reciprocal Teaching) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Siswa SMP

Penulis

  • Diana Husna Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana

Kata Kunci:

Model Pembelajaran Berbalik, Reciprocal Teaching, Pemahaman Konsep Matematis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai pengaruh penerapan model pembelajaran berbalik (Reciprocal Teaching) terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis pada siswa SMP. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol non-ekivalen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di salah satu SMP Kota Bandung. Penelitian ini melibatkan 79 siswa sebagai sampel. Penentuan sampel menggunakan teknik puposive sampling, sehingga sampel yang diambil pada penelitian ini sebanyak dua kelas yaitu kelas VIII- B yang berjumlah 40 siswa sebagai kelas eksperimen dengan memperoleh pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran berbalik (Reciprocal Teaching) sebagai perlakuan dan kelas VIII-F yang berjumlah 39 siswa sebagai kelas kontrol yang tidak memperoleh proses pembelajaran yang seperti biasanya. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis untuk data kuantitatif dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran untuk data kualitatif. Analisis data kuantitatif dilakukan terhadap hasil pretes dan postes kedua sampel dengan menggunakan Uji-t dan Uji Anava Dua Jalur. Sedangkan data kualitatif diperoleh berdasarkan hasil lembar observasi.

Referensi

Angga Murizal, Yarman, Yerizon (2014). Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Learning. Vol.1 No.1. [online].
Tersedia: http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/M TK/article .

Pisca Gita, Dantes, Sariyasa (2014). Pengaruh Model Reciprocal Teaching terhadap Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 4

Diterbitkan

2016-12-30

Cara Mengutip

Husna, D. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbalik (Reciprocal Teaching) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Pada Siswa SMP . INTERMATHZO, 1(2), 9–11. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/261

Terbitan

Bagian

Research
Loading...