Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sma Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give

Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sma Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give

Penulis

  • Susi Suanti Sinaga Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana

Kata Kunci:

Penalaran Matematis, Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Take and Give

Abstrak

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang diajarkan di setiap jenjang pendidikan. Kemampuan penalaran matematis sangat diperlukan siswa dalam memahami matematika. Namun kemampuan penalaran matematis siswa ternyata masih rendah.Hal tersebut disebabkan karena guru jarang melatih siswa saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa SMA melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Take and give. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen, dan disain penelitiannya adalah disain kelompok kontrol non-ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Dayeuhkolot tahun ajaran 2016/2017 sedangkan sampel penelitian diambil dua kelas yang dijadikan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini berupa berupa tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji perbedaan rata-rata (uji-t). Analisis data dilakukan dengan Independent Sample t-Tes. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan, bahwa terdapat peningkatan yang lebih baik kemampuan penalaran matematis siswa baik yang mendapatkan model pembelajaran kooperatf tipe Take and Give dari pada siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give dapat dijadikan alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajarannya untuk meningkatkan kemampuan penelaran matematis siswa.

Referensi

Sisdiknas. (2006). UU RI No 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen serta UU RI No 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas. Bandung: Citra Umbara.

Kamarudin, Muhamammad (2013). Komunikasi Yang Keliru dan Rendahnya Penalaran Siswa dalam Pembelajaran Matematika. [online]

Diterbitkan

2017-06-30

Cara Mengutip

Sinaga, S. S. (2017). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sma Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Take and Give . INTERMATHZO, 2(1), 8–10. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/266

Terbitan

Bagian

Research
Loading...