Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning
Kata Kunci:
Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol non-ekuivalen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di salah satu SMA Kabupaten Bandung. Penelitian ini melibatkan 2 kelas sebagai sampel. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Analisis data kuantitatif dilakukan terhadap hasil pretes dan postes kedua sampel dengan menggunakan Uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan, bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning, dan terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan model Problem Based Learning lebih baik dari pada yang menggunakan pembelajaran konvensional.Referensi
Abidin, Y unus. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung; Refika Aditama.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.
Unduhan
Diterbitkan
2017-06-30
Cara Mengutip
Amalia, L. L. (2017). Meningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning . INTERMATHZO, 2(1), 11–13. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/267
Terbitan
Bagian
Research