Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching uMeningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Di Salah Satu SMA Negeri di Kota Bandung
Kata Kunci:
Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Model Pembelajaran Reciprocal TeachingAbstrak
Kemampuan berpikir kritis matematis sangat diperlukan siswa dalam belajar, mempejari dan memahami, matematika. Matematika merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang diajarkan di setiap jenjang pendidikan. Namun kemampuan berpikir kritis matematis siswa ternyata masih rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA melalui penerapan model pembelajan Reciprocal Teaching. Metode penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian kelompok kontrol non-ekuivalen. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 8 Bandung tahun ajaran 2016-2017. Adapun sampel penelitiannya adalah siswa kelas X MIPA 8 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 7 sebagai kelas kontrol. Sampel tersebut dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes tipe uraian berupa soal-soal kemampuan berpikir kritis matematis untuk data kulitatif dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching untuk data kualitatif. Diperoleh kesimpulan, bahwa penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA dan peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa SMA dengan menerapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching lebih baik daripada pembelajaran konvensional.Referensi
Abdul, K. (2015) Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Model Reciprocal Teaching. Tesis UPI. Bandung: Tidak diterbitkan
Aris, S. (2014). 68 Model Pembelajaran INOV A TIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Fisher Alec. (2009). Berpikir Kritis. Jakarta: Erlangga.
Gita Gupitasari. (2015). Penurunan Kecemasan dan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Knisley.
Tesis UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.
Palincsar, A & Brown, A. (1984). Reciprocal Teaching of Comprehension- Fostering and Comprehension – Monitoring Activities. Cognition and Intruction, V ol 1 No 2, hal 117-175.
Rebecca B. Todd dan Dr. Diane H. Tracey. (2016). Reciprocal Teaching and Comprehension: A Single Subject Research Study. Kean University.
Aris, S. (2014). 68 Model Pembelajaran INOV A TIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.
Fisher Alec. (2009). Berpikir Kritis. Jakarta: Erlangga.
Gita Gupitasari. (2015). Penurunan Kecemasan dan Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Knisley.
Tesis UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.
Palincsar, A & Brown, A. (1984). Reciprocal Teaching of Comprehension- Fostering and Comprehension – Monitoring Activities. Cognition and Intruction, V ol 1 No 2, hal 117-175.
Rebecca B. Todd dan Dr. Diane H. Tracey. (2016). Reciprocal Teaching and Comprehension: A Single Subject Research Study. Kean University.
Unduhan
Diterbitkan
2017-12-30
Cara Mengutip
Annisa, N. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching uMeningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Di Salah Satu SMA Negeri di Kota Bandung . INTERMATHZO, 2(2), 1–4. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/271
Terbitan
Bagian
Research