Peningkatan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Melalui Penerapan Model E-Learning Berbasis Software Android
Kata Kunci:
Model E-learning, Android, Pembelajaran Konvensional, Kemampuan Literasi MatematisAbstrak
Kemampuan literasi matematis merupakan kemampuan seseorang untuk menafsirkan, menggunakan, dan menginterpretasikan matematika ke dalam permasalahan konteks dunia nyata. Hal tersebut sejalan dengan tujuan dari kurikulum pendidikan 2013. Siswa harus mampu menggunakan pengetahuannya untuk memecahkan permasalahan di dunia nyata, baik dalam konteks pribadi, sekolah, lingkungan kerja ataupun umum. Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan peningkatan kemampuan literasi matematis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model e-learning berbasis software android dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional berbantuan media. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang dilakukan terhadap siswa SMA Negeri 11 Bandung tahun ajaran 2016/2017. Pokok bahasan yang diberikan pada penelitian ini adalah aplikasi turunan fungsi dengan submateri kecepatan dan percepatan, pada matematika peminatan kelas XI. Subjek dalam penelitian ini adalah 40 siswa kelas XI MIPA 7 yang bertindak sebagai kelas eksperimen, dan 38 siswa kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa ada perbedaan peningkatan kemampuan litersasi matematis antara siswa yang pembelajarannya menggunakan model e-learning berbasis software android (kelas eksperimen) dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran konvensional berbantuan media (kelas kontrol). Sehingga dapat dikatakan bahwa kemampuan literasi matematis siswa dapat ditingkatkan melalui penerapan model e-learning berbasis software android.Referensi
Hayat, B & Yusuf, S. (2009). Benchmark Internasional Mutu Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wena, M. (2008). Strategi Pembelajaran Innovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Yaniawati, R. P. (2010). E-learning Alternatif Pembelajaran Kontemporer. Bandung : Arfino Raya.
Wena, M. (2008). Strategi Pembelajaran Innovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Yaniawati, R. P. (2010). E-learning Alternatif Pembelajaran Kontemporer. Bandung : Arfino Raya.
Unduhan
Diterbitkan
2017-12-30
Cara Mengutip
Agung, A. P. (2017). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematis Siswa SMA Melalui Penerapan Model E-Learning Berbasis Software Android. INTERMATHZO, 2(2), 5–6. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/272
Terbitan
Bagian
Research