Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Siswa SMA dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Multiple Intelligences

Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Siswa SMA dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Multiple Intelligences

Penulis

  • Herlyna Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana

Kata Kunci:

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, strategi Multiple Intelligences, MI

Abstrak

Matematika merupakan mata pelajaran yang dianggap sukar bagi sebagian besar siswa yang mempelajari matematika dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. Kesulitan siswa dalam memahami pelajaran matematika di kelas biasanya disebabkan oleh kurangnya kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki siswa. Kemampuan pemecahan masalah matematis termasuk kedalam kemampuan berpikir tingkat tinggi dan merupakan salah satu kompetensi yang penting untuk dimiliki siswa. Hal tersebut disebabkan karena guru jarang melatih kemampuan pemecahan masalah matematis siswa saat proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA melalui penerapan strategi pembelajan Multiple Intelligences (MI). Metode penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen.  Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa tes tipe uraian berupa soal-soal kemampuan pemecahan masalah matematis dan lembar observasi. Lembar observasi digunakan untuk melihat kemampuan majemuk siswa dan aktivitas proses pembeljaran. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji-t, willcoxon, dan mann-withney melalui program SPSS 22.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan, bahwa terdapat peningkatan yang lebih baik kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapatkan strategi pembelajan MI daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional.

Referensi

Armstrong, Thomas. (2013). Multiple Intelligences in the Classroom, dialih bahasakan dengan judul “Sekolah Para Juara: Menerapkan Multiple Intelligences di Dunia Pendidikan” (Bandung: Kaifa, 2004)

Armstrong, Thomas (2013). Kecerdasan Multiple di dalam Kelas. Jakarta: Indeks.

Ruseffendi, E..T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung.

Setiawati, Diah and Syahputra, Edi and Rajagukguk, Waminton (2013) Perbedaan Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Komunikasi Matematika Siswa Antara Pendekatan Contextual Teaching And Learning Dan Pembelajaran Konvensional Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Bireuen. Jurnal Paradikma, 06 (01). ISSN 1978-8002

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian. Bandung: Alfabeta 2009.

Sumarmo, Utari. (2012). Pendidikan Karakter Serta Pengembangan Berpikir dan Disposisi Matematika dalam Pembelajaran Matematika. Makalah disajikan pada Seminar Pendidikan Matematika di NTT Tanggal 25 Februari 2012.

Diterbitkan

2017-12-30

Cara Mengutip

Herlyna. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Siswa SMA dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Multiple Intelligences . INTERMATHZO, 2(2), 18–21. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/276

Terbitan

Bagian

Research
Loading...