Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemandirian Belajar Siswa

Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemandirian Belajar Siswa

Authors

  • Ike Septyan Wiwit Hayati Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Uus Manzilatusifa Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Sungging Handoko Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemandirian belajar siswa dalam materi ekonomi. Model Discovery Learning diharapkan dapat mempengaruhi kemandirian belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh informasi tentang penerapan model discovery learning dan pengaruh kemandirian siswa. Penelitian ini bersifat kuantitatif karena data penelitian berupa angka-angka dan analisis menggunakan statistik. Metode dalam penelitian ini menggunakan eksperimen semu (kuasi eksperimen). Peneliti membagi subjek penelitian kepada dua kelas, yaitu XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah masing-masing 30 siswa di SMAN 11 Bandung. Hasil kemandirian siswa dalam pembelajaran ekonomi mengalami perubahan yang signifikan. Terdapat pengaruh yang signifikan dari kemandirian belajar siswa pada kelas eksperimen dengan menggunakan model discovery learning yang dibuktikan melalui uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis terhadap hipotesis penelitian yang berbunyi bahwa dengan penerapan model discovery learning terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemandirian belajar siswa pada pembelajaran ekonomi maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil observasi kegiatan pembelajaran, penerapan model discovery learning dapat dilaksanakan sangat baik.

References

Abdul Majid (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Desmita (2014). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Karunia Eka Lestari dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Mohammad Takdir Illahi (2012). Pembelajaran Discovery Strategy & Mental Vocational Skill. Jogjakarta: DIVA Press.

Muhibbin Syah (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Muhibbin Syah (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nana Syaodih Sukmadinata dan Erliany Syaodih (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Bandung: PT Refika Aditama.

Ngalim Purwanto (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik (2011). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Oemar Hamalik (2013). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Roestiyah (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Rusman (2014). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Ruswandi (2013). Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV. Cipta Pesona Sejahtera.

Sofan Amri (2013). Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suid (2017). Analisis Kemandirian Siswa dalam Proses Pembelajaran di Kelas III SD Negeri 1 Banda Aceh. [Online]. Tersedia. www.jurnal.unsyiah.ac.id. Volum 1 (April 2017). Number 70-81. Suyadi (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syaiful Bahri dan Zain Aswan (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Syaiful Sagala (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Zainal Arifin (2014). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2017-09-01

How to Cite

Hayati, I. S. W., Manzilatusifa, U., & Handoko, S. (2017). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 3(1). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/147

Issue

Section

Research
Loading...