Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Logis Peserta Didik

Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Logis Peserta Didik

Authors

  • Sindi Mardiani Puspita Dewi Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Rita Zahara Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Sungging Handoko Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Keywords:

Metode Pembelajaran Discovery, penalaran logis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pembelajaran discoveri ang diterapkan di SMA Negeri 8 Bandung dalam meningkatkan kemampuan penalaran logis Siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasy exsperimental dengan desain penelitian nonequivalent+control group design. Penelitian ini dilakukan dua kelas yaitu, kelas ekperimen dengan metode pembelajaran Discovery, dan kelas kontrol dengan metode pembelajaran konvensional, Masing-masing kelas berjumlah 36 siswa. Pelaksanaan penelitian dilakukan dengan melakukan pretest terlebih dahulu dan melakukan postest di akhir pembelajaran. Pembelajaran di kelas ekperimen diterapkan di kelas XI MIPA 8 dan kelas kontrol diterapkan di kelas XI MIPA 9. Intrumen yang digunakan berupa soal Tes yang berjumlah 7 soal uraian. Secara statistik, dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS versi24 dan Microsoft Excel untuk mengetahui hasil yang dibuktikan oleh uji normalitas, uji homogen dan uji T-test. Untuk melihat peningkatan kemampuan siswa dalam penalaran logis menggunakan uji N-gain. Hasil menunjukan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan, setelah diterapkan metode pembelajaran Discovery, peningkatan ini dilihat dar rata-rata perolehan siswa yang signifikan dan terdapat perbedaan peningkatan kemampuan penalaran logia antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.

References

Arifin, J. (2017). SPSS 24 untuk penelitian dan Skripsi. Jakarta: Gramedia.

Arikunto. (2012). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.

Dahar, R. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Darmadi, H. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Dewey, J. (1950). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rinekacita.

Hermawan, A., Darmajari, & Senjaya, A. (2012). Praktik, Metodelogi Pembelajaran Kajian teoritis. Serang-Banten: Lembaga Pembinaan Dan pengembangan Profesi guru.

Hosnan, D. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ilahi, m. t. (2012). Pembelajaran Discovery strategi & mental mental vocation skill. yogyakarta: DIVA press.

Khoirul , A. (2015). Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuanitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuanitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarno, U. (2012). Berfikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana, Dikembangkan pada Peserta Didik. Bandung: FMIPA UPI.

Syaodih , N. S. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

W.Poespoprodjo. (1984). Logika ilmu menalar. Bandung: Remaja Karya.

Downloads

Published

2019-06-29

How to Cite

Dewi, S. M. P., Zahara, R., & Handoko, S. (2019). Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Logis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(1), 64–73. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/324

Issue

Section

Research
Loading...