Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Type Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa

Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Type Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa

Authors

  • Nur Asshyfa Andiani Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Erliany Syaodih Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Popon Mariam Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Abstract

Rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang menjadi salah atu faktor utama berhasil tidaknya tujuan yang ingin dicapai  dari suatu kegiatan proses pembelajaran selain itu proses pembelajaran di kelas yang masih menggunakan metode konvensional dimana kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru, tidak berpusat pada siswa sehingga menyebabkan suasana kelas menjadi monoton dan tidak menyenangkan. Metode penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental dengan desain penelitian Nonequivalent control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X program Akuntansi di SMK Bina Warga Bandung sebanyak 60 siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas X Akuntansi 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X Akuntansi 1 sebagai kelas control dengan masing – masing kelas sebanyak 30 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat ukur angket (kuesioner) yang digunakan untuk mengumpulkan data minat belajar siswa kelas eksperimen dan kelas control. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat efektivitas model pembelajaran cooperative type Numbered Heads Together (NHT) terhadap peningkatan minat belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Bina Warga Bandung.

References

Djamarah, S. (2008). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Lie, A. (2007). Cooperative Learning Di Ruang-ruang Kelas. Jakarta: Grasindo.

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran. RajaGrafindo Persada.

Sadirman, A. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Safari, A. (2003). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Apsi Pusat.

Slameto. (2010). Belajar dan factor –factor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, R. E. (2008). Cooperative Learning. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja.

Suprijono, A. (2012). Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta: Prenanda Media Group.

Downloads

Published

2016-12-01

How to Cite

Andiani, N. A., Syaodih, E., & Mariam, P. (2016). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Type Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Peningkatan Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 2(2). Retrieved from http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/136

Issue

Section

Research

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 
Loading...