Pengaruh Persepsi Siswa Pada Fasilitas Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa

Pengaruh Persepsi Siswa Pada Fasilitas Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa

Authors

  • Deyanti Rosdianasari Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Dadang Sadeli PPS Universitas Langlangbuana
  • Ria Herdhiana Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh persepsi siswa pada fasilitas belajar terhadap minat belajar siswa di SMAN 21 Bandung Tahun Ajaran 2017/2018. Populasi penelitian seluruh siswa yang terdaftar di SMAN 21 Bandung  Tahun Ajaran 2017/2018. Untuk mencapai tujuan penelitian ini maka penarikan sampel yang di ambil ditentukan dengan cara random dengan teknik simple random sampling  dengan rumus taro yamane sehingga terpilihlah siswa sebanyak 274 responden yang tersebar ke dalam 26 kelas di SMAN 21 Bandung Tahun Ajaran 2017/2018. Instrumen penenlitian yang digunakan studi dokumentasi dan kuesioner yang dibuat sebanyak 60 pernyataan  kuesioner masing masing 30 pernyataan untuk fasilitas belajar dan 30 pernyataan untuk minat belajar siswa yang  disebarkan di kelas. Data hasil kuesioner siswa tersebut kemudian di analisis  dengan microsoft excel 2013 untuk mengetahui validitas dan reabilitas pernyataan mengenai fasilitas belajar dan minat belajar siswa.Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji analisis deskriptif dan uji regresi sederhana menunjukan bahwa gambaran tentang fasilitas dan minat belajar siswa di SMAN 21 Bandung Tahun Ajaran 2017/2018 menunjukan adanya pengaruh positif signifikan antara fasilitas belajar dan minat belajar siswa dan fasilitas belajar merupakan salah satu faktor yang bisa menentukan minat belajar siswa.

References

Ahmad, S. (2016) Teori Belajar dan Pembelajaran diSekolah Dasar. Jakarta : PT. Kharisma Putra Utama

Bimo, W. (2010) Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : CV Andi

Chabib Thoha. (2011) Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta : CV.Rajawali

Djaali. (2013) PSIKOLOGI PENDIDIKAN. Jakarta : PT Bumi Aksara

Duwi Priyanto. (2014) SPSS 22 Pengolah Data Terpraktis. Yogyakarta : CV ANDI OFFSET

Imam Gunawan. (2016) Pengantar Statistika Inferensial. Depok: PT. RAJAGRAFINDO PERSADA

Imron, A. (2012) Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta : Sinar Grafika Offset

Makmun, K. (2016) Psikologi Umum. Yogyakarta : Aswaja Pressindo

Popi, S. (2010) Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Jakarta : Ghalia Indonesia

Sadulloh uyoh.(2012). Pedagogik Ilmu Mendidik. Bandung : Penerbit Alfabeta

Sopiatin, T. (2010) Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa. Jakarta : Ghalia Indonesia

Slameto. (2010) Belajar dan faktor faktor yang mempengaruhinya

Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono (2015) Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Sukardi. (2012) Metodologi Pendidikan. Jakarta : PT.Bumi Aksara

Suparto, M.A. (2001) Statistik Teori dan Aplikasi. Jakarta : Penerbit Erlangga

Sutirna. (2013) Bimbingan dan Konseling Pendidikan Formal , Non Formal dan Informal. Bandung : CV andi offset

Syaiful, B.D. (2011) PSIKOLOGI BELAJAR. Jakarta : Rineka Cipta

Syah, M. (2014) Psikolgi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2017-12-01

How to Cite

Rosdianasari, D., Sadeli, D., & Herdhiana, R. (2017). Pengaruh Persepsi Siswa Pada Fasilitas Belajar Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 3(2). Retrieved from http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/157

Issue

Section

Research

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 
Loading...