Vol. 5 No. 2 (2019)
Research

Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mengemukakan Pendapat

Nanda Ardhia Regita
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
Euis Eka Pramiarsih
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
Bella Annantha Sritumini
Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
JP2EA Vol. 5 No. 2 Desember 2019
Published December 31, 2019
Keywords
  • Model Pembelajaran Jigsaw,
  • mengemukakan pendapat
How to Cite
Regita, N. A., Pramiarsih, E. E., & Sritumini, B. A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mengemukakan Pendapat. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(2), 95-108. Retrieved from http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/327

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengimplementasikan model pembelajaran Jigsaw yang diterapkan di SMK dalam mengefektifkan dan juga meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat pada mata pelajaran Ekonomi Bisnis. Penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimental dengan desain penelitian nonequivalen control group design. Hasil menunjukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan mengemukakan pendapat yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah diberi perlakuan dan terdapat peningkatan yang signifikan kemampuan mengemukakan pendapat setelah diterapkan model pembelajaran jigsaw, peningkatan hal ini dilihat dari rata-rata perolehan siswa yang signifikan.

References

Huda, M. (2016). Model - Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Parera, Jos Daniel. (1987). Belajar Mengemukakan Pendapat. Jakarta: Erlangga.

Kurniasih, I., & sani, b. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran. Surkarta: Kata Pena.

Maretna Sari, N. (2013). Peningkatan Kemampuan Dalam Mengemukakan Pendapat Melalui Metode Pembelajaran Time Token Pada Mata Pelajaran PKN. Surakarta: Skripsi Universitas Muhammadiyah.

Poerwadarmirta, W. (2014). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Pratikasari, M. (2017). Artikel skripsi. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Melalui Penerapan Tekhnik Brainstorming dalam Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok .

Sarifuddin, A. (1998). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Supriyanto. (2009). Jurnal Skripsi. Penggunaan Metode Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Kemampuan Bertanya dan Berpendapat Mengenai Materi Pelajaran Hukum Internasional.

Taniredja, T. (2013). Model Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: ALFABETA.

Utami, M. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.