AKUNTABILITAS DAN STANDARISASI KUALITAS PERGURUAN TINGGI SWASTA DI DAERAH

AKUNTABILITAS DAN STANDARISASI KUALITAS PERGURUAN TINGGI SWASTA DI DAERAH

Authors

  • Asep Kartiwa Program Studi Ilmu Pemerintahan Universitas Padjadjaran, Bandung

Abstract

Paradigma baru dalam pendidikan tinggi yang mencakup akuntabilitas, kualitas, otonomi, evaluasi diri dan akreditasi pendidikan tinggi yang berkenaan dengan kondisi yang dipersyaratkan masa depan, menuntut aktualisasi keunggulan manusia secara optimal merupakan persoalan yang dihadapi oleh lulusan Perguruan Tinggi. Belum tampilnya lulusan pendidikan tinggi yang memiliki “keunggulan khusus” menjadi tantangan bersama. Pendidikan tidak hanya sekedar mendidik menjadi tenaga siap pakai di pasar kerja, melainkan lebih dari pada itu, yakni membantu peserta didik untuk menjadi “manusia seutuhnya”. Untuk itu perlu kiranya ada lembaga yang independen untuk menilai akreditasi Perguruan tinggi tersebut. Kondisi akademik yang kondusif sangat menunjang keberhasilan suatu Perguruan Tinggi dalam menjalankan peran dan fungsinya dengan baik. Akuntabilitas dan Standarisasai Perguruan Tinggi Swasta di Daerah merupakan paradigma baru yang merupakan harapan sekaligus tantangan untuk dapat mewujudkannya.

References

Conny. R. Semiawan, 1999. Pendidikan Tinggi: Peningkatan Kemampuan Manusia, Penerbit Grasindo, Jakarta.

H. A. R. Tilaar, 2001. Manajemen Pendidikan Nasional. Penerbit PT Remaja Rosda Karya, Bandung.

Muchtar Buchari. 2001, Pendidikan Antisipatoris, Penerbit Kanisius.

Sanusi Uwes. 1999, Manajemen Pengembangan Mutu Dosen, PT Logos Wacana Ilmu.

SK. Mendiknas, Nomor 184/U/2001 tentang Pedoman Pengawasan Pengendalian dan Pembinaan Program Diploma, Sarjana dan Pascasarjana di Perguruan Tinggi.

Downloads

Published

2006-08-01

How to Cite

Kartiwa, A. (2006). AKUNTABILITAS DAN STANDARISASI KUALITAS PERGURUAN TINGGI SWASTA DI DAERAH. EDUCARE, 1(2). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/10

Issue

Section

Research
Loading...