Vol. 4 No. 1, Agustus 2006
Research

PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE LATIHAN PADA PEMBELAJARAN MELAKSANAKAN PEMBUNGKUSAN UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA PROGRAM KEAHLIAN PENJUALAN

Anytha Basaria Silitonga
Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Langlangbuana
Published August 1, 2006
How to Cite
Silitonga, A. B. (2006). PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DAN METODE LATIHAN PADA PEMBELAJARAN MELAKSANAKAN PEMBUNGKUSAN UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA PROGRAM KEAHLIAN PENJUALAN. EDUCARE, 4(1). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/36

Abstract

Program keahlian penjualan merupakan salah satu program keahlian yang ada di SMK. Dalam program keahlian tersebut terdapat salah satu mata Diklat yangdianggap penting kedudukannya karena selain sesuai dengan program tersebut juga merupakan mata Diklat yang harus kompeten. Dimana siswa dikatakan kompeten apabila siswa mendapat nilai minimal 7. Mata Diklat tersebut adalah Manata Produk. Mata Diklat Menata Produk terdapat pokok bahasan antara satu dengan yang lainnya saling berhubungan diantaranya klasifikasi barang dagangan. Menata barang dagangan pada display, menyimpan barang dagangan dan melaksanakan pembungkusan. Materi pokok pemelajaran ini selain menuntut adanya pemahaman pengetahuan dan sikap juga keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa, artinya harus adanya keseimbangan dari ketiga ranag yaitu kognitif, afektif dan psikomotor. Karena SMK lebih dihadapkan pada realita yang memasuki dunia kerja sehingga peserta didik sekolah menengah kejuruan setelah mengikuti materi ini dapat diaplikasikan ataupun diterapkan dalam pekerjaan nanti sebagai tenaga penjual yang profesional.

References

  1. Ali. M (2002). Bimbingan Belajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
  2. Bastaman, O. (2005). Perangkat Pembelajaran. Bandung: Tim Pengembangan Kurikulum Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat. 2005.
  3. Djamarah, SB dan Zain, Aswan. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Cetakan Kedua. Jakarta: Rineka Cipta.
  4. Krestini, E.H. (2005). Penerapan Metode Eksperimen Pada Pembelajaran Sistem Respirasi Manusia Sebagai Upaya Mencapai Hasil Belajar Siswa. Tugas Akhir Program Akta Mengajar Universitas Langlangbuana. Bandung: Tidak diterbitkan.
  5. Sudjana, N (2002). Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar Bagaimana Mengaktifkan Siswa Dalam Belajar. Jakarta: PT. Gramedia.