PEMBERIAN MOTIVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN

PEMBERIAN MOTIVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN

Authors

  • Uus Manzilatusifa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Langlangbuana

Abstract

Pemberian motivasi guru dalam pembelajaran dapat terdiri atas Pemberian Penghargaan, yang dapat menumbuhkan inisiatif, kemampuan- kemampuan yang kreatif dan semangat berkompetisi yang sehat, pemberian penghargaan sebagai upaya pembinaan motivasi tidak selalu harus berwujud atau barang, tetapi dapat juga berupa pujian-pujian dan hadiah-hadiah im-material. Pemberian perhatian yang cukup terhadap siswa dengan segala potensi yang dimilikinya merupakan bentuk motivasi yang sederhana, karena banyak yang tidak memiliki motivasi belajar diakibatkan tidak dirasakannya adanya perhatian. Ajakan Berpartisipasi. Pada diri manusia ada sesuatu perasaan yang dihargai apabila dia dilibatkan pada sesuatu kegiatan yang dianggap berharga. Oleh karena itu guru, harus selalu mengajak dan mengulurkan tangan bagi siswa untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran guna lebih bergairah dalam belajar dan memperkaya proses interaksi antar potensi siswa dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: motivasi, proses pembelajaran, proses interaksi pembelajaran. A. Pendahuluan 

References

Dimyati, Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Bandung. PT Rineka Cipta

Depdiknas. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta

E. Kusmana, Pachrudin. 2000. Asas, strategi-metode. UPI. Bandung

Irianto. 1997. Edisi Kedua. Pengantar Manajemen. IBII STIE. Jakarta

Kamus Besar Bahasa Indonesia. 1997. Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Balai Pustaka. Jakarta

Mulia Nasution. 2000. Manajemen Modern. Pionir Jaya. Bandung

Otong Kardisaputra. Belajar dan Pembelajaran. FKIP Unla. Bandung

Sardiman. 2000. Interaksi dan Motivasi Belajar. Grafindo Persada. Jakarta

Downloads

Published

2007-08-01

How to Cite

Manzilatusifa, U. (2007). PEMBERIAN MOTIVASI GURU DALAM PEMBELAJARAN. EDUCARE, 5(1). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/59

Issue

Section

Research
Loading...