Vol. 1 No. 2, Agustus 2002
Research

PENELITIAN TENTANG MANFAAT TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR

Otong Kardisaputra
FKIP Universitas Langlangbuana
Published August 1, 2006
How to Cite
Kardisaputra, O. (2006). PENELITIAN TENTANG MANFAAT TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR. EDUCARE, 1(2). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/9

Abstract

Sejak diberlakukannya Kurikulum 1975, yang waktu itu dikenal dengan sebutan Pembakuan Kurikulum, para guru diwajibkan menggunakan tujuan instruksional khusus (TIK) dalam melaksanakan tugasnya dari mulai perencanaan pengajaran, pelaksanaan proses belajar-mengajar sampai evaluasi pengajaran. Kewajiban itu merupakan implikasi dari penggunaan prinsip objective oriented sebagai salah satu asas pengembangan kurikulum. Penerapan prinsip berorientasi pada tujuan ini nampak pada Kurikulum 1975 dengan dicantumkannya berbagai jenis tujuan yang tersusun secara hierarkhis, dari mulai tujuan pendidikan nasional, tujuan institusional, tujuan kurikuler sampai ke tujuan instruksional umum. Atas dasar tujuan-tujuan itu, guru diwajibkan mengembangkan tujuan instruksional khusus untuk diusahakan pencapaiannya pada proses belajar-mengajar yang diselenggarakannya. Tujuan instruksional khusus itu menjadi tujuan antara untuk mencapai tujuan yang berada di atasnya.

References

  1. Arends, R.I., Learning To Teach, McGraw-Hill, Education Series, Singepore, 1989
  2. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kurikulum 1975, 1984, 1994, Jakarta
  3. De Cecco, J.P.. The Psychology of Learning and Instruction, Prentice Hall, Inc., Englewood Cliffs, 1974
  4. Dick, W., Systematic Design of Instruction, Scott, Foresman Co., New York, 1989
  5. Gagne, R.M. etal., Principles of Instructional Design, Holt, Rinehart & Wisnton, NY, 79
  6. Kibler, R.J., Objectives for Instruction and Evaluation, Allyn and Bacon, Boston, 1981
  7. Mager, R.F., Preparing Instructional Objectives, Fearon Publisher, Palo Ato, 1962
  8. Romiszowski, A,J., Designing Instructional System, Nichols Publishing, N.Y, 1988
  9. Sujana, Metode Statistik, Penerbit Tarsito, Bandung, 1982
  10. Tyler, R.W., Basic Principles of Curriculum and Instruction, UCP, Chicago, 1949