PENELITIAN TENTANG MANFAAT TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR

PENELITIAN TENTANG MANFAAT TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR

Authors

  • Otong Kardisaputra FKIP Universitas Langlangbuana

Abstract

Sejak diberlakukannya Kurikulum 1975, yang waktu itu dikenal dengan sebutan Pembakuan Kurikulum, para guru diwajibkan menggunakan tujuan instruksional khusus (TIK) dalam melaksanakan tugasnya dari mulai perencanaan pengajaran, pelaksanaan proses belajar-mengajar sampai evaluasi pengajaran. Kewajiban itu merupakan implikasi dari penggunaan prinsip objective oriented sebagai salah satu asas pengembangan kurikulum. Penerapan prinsip berorientasi pada tujuan ini nampak pada Kurikulum 1975 dengan dicantumkannya berbagai jenis tujuan yang tersusun secara hierarkhis, dari mulai tujuan pendidikan nasional, tujuan institusional, tujuan kurikuler sampai ke tujuan instruksional umum. Atas dasar tujuan-tujuan itu, guru diwajibkan mengembangkan tujuan instruksional khusus untuk diusahakan pencapaiannya pada proses belajar-mengajar yang diselenggarakannya. Tujuan instruksional khusus itu menjadi tujuan antara untuk mencapai tujuan yang berada di atasnya.

References

Arends, R.I., Learning To Teach, McGraw-Hill, Education Series, Singepore, 1989

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kurikulum 1975, 1984, 1994, Jakarta

De Cecco, J.P.. The Psychology of Learning and Instruction, Prentice Hall, Inc., Englewood Cliffs, 1974

Dick, W., Systematic Design of Instruction, Scott, Foresman Co., New York, 1989

Gagne, R.M. etal., Principles of Instructional Design, Holt, Rinehart & Wisnton, NY, 79

Kibler, R.J., Objectives for Instruction and Evaluation, Allyn and Bacon, Boston, 1981

Mager, R.F., Preparing Instructional Objectives, Fearon Publisher, Palo Ato, 1962

Romiszowski, A,J., Designing Instructional System, Nichols Publishing, N.Y, 1988

Sujana, Metode Statistik, Penerbit Tarsito, Bandung, 1982

Tyler, R.W., Basic Principles of Curriculum and Instruction, UCP, Chicago, 1949

Downloads

Published

2006-08-01

How to Cite

Kardisaputra, O. (2006). PENELITIAN TENTANG MANFAAT TUJUAN PEMBELAJARAN KHUSUS DALAM PROSES BELAJAR-MENGAJAR. EDUCARE, 1(2). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/9

Issue

Section

Research
Loading...