Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) untk Mencapai Kemampuan Menghitung Aspek Finansial dalam Proposal Usaha

Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) untk Mencapai Kemampuan Menghitung Aspek Finansial dalam Proposal Usaha

Penulis

  • Siska Mariska Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Erliany Syaodih Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Bella Annantha Sritumini Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Kata Kunci:

Aspek Finansial, LKS

Abstrak

Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) untuk mencapai kemampuan menghitung aspek finansial proposal usaha bagi siswa Bidang Keahlian Administrasi Perkantoran di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Bina Warga Bandung, dengan sampel siswa kelas XI Bidang Keahlian Administrasi Perkantoran I dan II. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan kelompok kontrol (pretest-postest group desain). Untuk mengetahui kemampuan menghitung aspek finansial digunakan instrument tes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Uji t. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pencapaian kemampuan menghitung aspek finansial proposal usaha di kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol.

Referensi

Alma Buchori. (2011). Kewirausahaan Untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta.

Arifin Zainal. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT remaja Rosdakarya Offset.

Alex S, Nitisemito., dan Umar, M. (2009). Wawasan Studi Kelayakan dan Evaluasi Proyek. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Belawati, T., dkk (2008). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Universitas Terbuka.

Imam, et al (2009). Kewirausahaan Sekolah Menengah Kejuruan X. Bandung: HUP

Mardiatmo. (2005). Kewirausahaan. Jakarta: Yudhistira.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. dkk (2001). Staregi Pembelajaran Matematika Kontreporer. Bandung: IMSTP JICA

Sukmadinata, N.S. (2003). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suliyanto. (2010). Studi kelayakan Bisnis Pendekatan Praktis. Yogyakarta: CV Andi Offset.

S, Sofyan H. (2008). Kewirausahaan Praktis: Kiat & Proses Menuji Sukses. Jakarta: Rajawali Pers.

Tim Penyusun. (2011). Pedoman Penyusunan Skripsi. Bandung : FKIP UNLA

Prastowo Andi. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Jogjakarta: DIVA Press.

Prawironegoro Darsono, P dan Purwanti Ari. (2009). Akuntansi Manajemen Edisi 3. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Diterbitkan

2013-12-30

Cara Mengutip

Mariska, S., Syaodih, E., & Sritumini, B. A. (2013). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) untk Mencapai Kemampuan Menghitung Aspek Finansial dalam Proposal Usaha. EDUCARE, 11(2), 71–78. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/189

Terbitan

Bagian

Research
Loading...