Efektivitas Metode Active Learning Type Quiz Team Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa
Kata Kunci:
Metode-Active Learning, Type Quiz Team, Aktivitas Belajar SiswaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar siswa yang memperoleh pembelajaran dengan Metode-Active Learning Type Quiz Team dan membandingkannya dengan siswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional. Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan penelitian eksperimen kuasi (eksperimen semu) dengan desain penelitian kelompok Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi di SMK Bina Warga Bandung. Sampel pada penelitian adalah dua kelas dari kelas X Akuntansi, satu kelas sebagai kelas eksperimen yang diberikan perlakuan, satu kelas sebagai kelas kontrol. Hasil analisis data pada penelitian yang dilakukan pada tahun ajaran 2014/2015 ini menjelaskan bahwa observasi penggunaan metode Active Learning Type Quiz Team di kelas eksperimen menunjukkan hasil sebesar 96,55% yang tergolong dalam kategori sangat baik dan hasil uji-t aktivitas akhir mendapatkan hasil nilai thitung lebih besar dari ttabel (9,278 > 2,005) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil itu menunjukkan terdapat perbedaan peningkatan aktivitas belajar siswa dikelas eksperimen yang menggunakan metode Active Learning Type Quiz Team dengan aktivitas belajar siswa di kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional tipe diskusi. Hal itu membuktikan bahwa metode Active Learning Type Quiz Team efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa.Referensi
Abdul Rozak, Dkk. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Dalam Pokok Bahasan Peluang. Tersedia, e-journal.unswagati-crb.ac.id/file.php?file...id. [07 Oktober 2014]
Anggi Murtisari. (2014). Penerapan Metode Active Learning Tipe Team Quiz Terhadap Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika. Tersedia, jurnal.stkipjb.ac.id/index.php/AS/article/.../199/135. [7 Oktober 2014]
E.T. Russeffendi. (2010). Dasar-dasar penelitian pendidikan dan bidang non-eksakta lainnya. Bandung : Tarsito.
Herlina. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi. Bandung : FKIP UNLA
J.J. Hasibuan Dan Moedjiono. (2012). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Jessica. (2009). Pengertian Hasil Belajar. Tersedia, http://techonly13.wordpress.com/2009/07/04/pengertianhasil belajar/ [27 Januari 2014)
M. Silberman. (2009). Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.
M. Syihabudin. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada KD Mengenai Komponen Sambungan.Tesis Tidak diterbitkan. Jakarta: UPI.
Nana Sudjana. (2010). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo.
Nana Sudjana. (2011). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
S. Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian. Yogyakarta : Rineka Cipta
Sardiman. (2008). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sudjana. (2013). Metode Statistika. Bandung : Tarsito
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Suyatno. (2012). Strategy Active Learning. Tersedia, http://addardiri.blogspot.com/2012/05/active-learning-strategy-cooperative.html
Tim Penyusun. 2013. Pedoman Penyusunan Skripsi. Bandung : FKIP UNLA
Wawan Listyawan. (2012). Model Pembelajaran Aktif Quiz Team (Active Learning). Tersedia, http://www.wawanlistyawan.com/2012/06/pembelajaran-aktif-active-learning.html. [07 Oktober 2014]
Anggi Murtisari. (2014). Penerapan Metode Active Learning Tipe Team Quiz Terhadap Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika. Tersedia, jurnal.stkipjb.ac.id/index.php/AS/article/.../199/135. [7 Oktober 2014]
E.T. Russeffendi. (2010). Dasar-dasar penelitian pendidikan dan bidang non-eksakta lainnya. Bandung : Tarsito.
Herlina. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi. Bandung : FKIP UNLA
J.J. Hasibuan Dan Moedjiono. (2012). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Jessica. (2009). Pengertian Hasil Belajar. Tersedia, http://techonly13.wordpress.com/2009/07/04/pengertianhasil belajar/ [27 Januari 2014)
M. Silberman. (2009). Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.
M. Syihabudin. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada KD Mengenai Komponen Sambungan.Tesis Tidak diterbitkan. Jakarta: UPI.
Nana Sudjana. (2010). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung : Sinar Baru Algesindo.
Nana Sudjana. (2011). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nana Syaodih Sukmadinata. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
S. Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian. Yogyakarta : Rineka Cipta
Sardiman. (2008). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Sudjana. (2013). Metode Statistika. Bandung : Tarsito
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.
Suyatno. (2012). Strategy Active Learning. Tersedia, http://addardiri.blogspot.com/2012/05/active-learning-strategy-cooperative.html
Tim Penyusun. 2013. Pedoman Penyusunan Skripsi. Bandung : FKIP UNLA
Wawan Listyawan. (2012). Model Pembelajaran Aktif Quiz Team (Active Learning). Tersedia, http://www.wawanlistyawan.com/2012/06/pembelajaran-aktif-active-learning.html. [07 Oktober 2014]
Unduhan
Diterbitkan
2014-12-30
Cara Mengutip
Almufarah, M., Zahara, R., & Mariam, P. (2014). Efektivitas Metode Active Learning Type Quiz Team Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. EDUCARE, 12(2), 20–29. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/192
Terbitan
Bagian
Research