Efektivitas Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Belajar

Efektivitas Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Belajar

Penulis

  • Hana Ika Nurmayani Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Ria Herdhiana Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Ilyas Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Kata Kunci:

Efektifitas, metode Pemberian Tugas, kedisiplinan siswa

Abstrak

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektifivitas metode pemberian tugas, sehingga diketahui apakah dapat meningkatkan kemampuan disiplin belajar siswa atau tidak. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Quasi Eksperimen Tipe Nonequvalent Control Group Design. Dalam penelitian ini siswa dibagi kedalam dua kelas, yaitu kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menggunakan metode pemberian tugas dan kelas kontrol menggunakan metode ceramah. Penelitian ini dilakukan dikelas XII IPS 1 dan kelas XII IPS 4 di SMA Negeri 1 Banjaran dengan jumlah sampel 36 orang dari masing-masing kelas. Hasil penelitian ini menunjukan peningkatan kemampuan menganalisis siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan metode pemberian tugas memiliki nilai awal rata-rata kelas sebelum diberikan perlakuan adalah 114,58 dari jumlah siswa 36 orang pada kelas eksperimen. Namun, setelah diberikan perlakuan dengan metode pemberian tugas nilai akhir disiplin belajar siswa meningkat menjadi 126,30 dari total siswa yang berjumlah 36 orang. Sedangkan pada kelas kontrol dengan jumlah siswa yang sama ketika dilakukan nilai awal rata-rata kelas 112,36 dari total 36 siswa. Setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan metode ceramah, nilai rata-rata kelas dan nilai akhir adalah 118, 97. Kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki kenaikan dari hasil awal ke akhir. Namun peningkatan kelas kontrol tidak sebaik kelas eksperimen.

Referensi

Abdurahmat Fathoni. (2006). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Rineka Cipta

Budi Susetyo. (2010). Statistika Untuk Analisis Data Penelitian. Bandung. PT Repika Aditama

Djamarah. Syaiful Bahri (2010). Prestasi belajar dan kompetensi guru. Surabaya: Usaha Nasional

Nana Sudjana. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Nana Syaodih. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Rosada

Ruseffendi. (2010. Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan Dan Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito

Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Soegeng Prijodarminto (1993). Disiplin Kiat Menuju Sukses. Jakarta: PT Abadi

Sudjana.(2013). Metoda Statistika. Bandung. TarsitoSugiyono. (2013). Metode Peneltian dan pendidikan, Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumi Aksara

Suharsimi Arikunto.(2012). Prosedur Penelitian. Yogyakarta. Rineka Cipta

Syaiful Bahri, Djamarah dan Azwan Zain (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Tulus, Tu’u. (2004). Peran Disiplin Pada Prilaku dan Prestasi siswa. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Zainal Arifin. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung. Rosdakarya

Abdul Rozak.(2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Type TGT Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Dalam Pokok Bahasan Peluang. Tersedia: http//e-jorunal.unswagati-crb.ac.id/file.php?file.id. [22 Oktober 2014]

Bentuk-bentuk kedesiplinan belajar tersedia dalam http://Selidiki86.blogspot.com/2013/03/kalah-disiplin-dalam-belajar.html (2 Januari 2104)

Hifni Rohman, (2011). Pengertian / definisi metode pembelajaran. Artikel pendidikan (blog.HifniRohman).Tersedia,http://hipni.blogspot.com/2011/0uh9/pengertian-definisi-metode-pembelajaran.html. Tanggal di akses ( 10 Juni 2014)

Putra putri.(tidak diketahui). Tujuan Pendidikan Nasional. Tersedia: http://www.putra-putri-indonesia.com/tujuan-pendidikan-nasional.html.[7 Agustus 2014]Sumber Skripsi / Tesis

Darmadjari, (2010). Program Bimbingan Bagi Pengembangan Disiplin Siswa Bebrbasis Nilai Sholat Di SMP Karang Tanjung Pandeglang. Tesis Sekolah Pasca Sarjana UPI: tidak diterbitkan

Muhammad Deni Amulyawan, (2013). Pengaruh Kompetensi Guru Dan Disiplin Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi. Skripsi UPI. Tidak diterbitkan

Rizky Dermawan. (2009). Persepsi Siswa Terhadap Tugas dan Hubungannya Dengan Disiplin Belajarnya Pada Siswa. Skripi UPI. Tidak diterbitkan

Sri Mulyati. (2013). Penerepan Model Pembelajaran ARCS (Attention. Relevance, Convidance, and Satisfation) Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Akuntansi. Skripsi UNLA. Tidak diterbitkan.

Diterbitkan

2014-12-30

Cara Mengutip

Nurmayani, H. I., Herdhiana, R., & Ilyas. (2014). Efektivitas Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Dalam Belajar. EDUCARE, 12(2), 30–37. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/193

Terbitan

Bagian

Research

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 
Loading...