Analisis Isi Soal UAMBN Bahasa Arab Madrasah Aliyah Tahun Pelajaran 2016/2017 dan 2017/2018
Kata Kunci:
analisis isi, soal, kontenAbstrak
This content analysis aims to analyze the comparison of language learning content found in the UAMBN Arabic language Aliyah Madrasah between the 2016/2017 Academic Year and 2017/2018 Academic Year. The method used in this study is content analysis using a qualitative research approach. This type of research is descriptive research using documentation techniques. From the results of the 2016/2017 problem analysis, researchers found a question of cultural content and a mindset numbering 14 questions, consisting of 8 cultural content and a mindset of 6. The vocabulary content was 4 questions. The structure content is 31 questions. And the content of the terminology is one question, namely the question 43.Referensi
Ahmad, N., 2015. Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: INTERPENA.
Ahmad, n.d. Jurnal Desain Penelitian Isi. s.l.:s.n.
Asrori, I., 2017. Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, 2017. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: 151 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 6843 Tahun 2016 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Tahu. Jakarta: Kementerian Agama.
Direktorat Pendidikan Madrasah Kemenag, 2017.
Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: 151 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 6843 Tahun 2016 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Tahu. Jakarta: Kementerian Amaga.
Effendy, A. F., 2012. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.
Harīr, 2008. Al-Taqwīm al-Tarbawy. s.l.:Al Manhal.
Hijriyah, U., 2018. Analisis Pembelajaran Mufrodat dan Struktur Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah (Sebuah Analisis Isi Penerapan Kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah Untuk Menghasilkan Bahan Ajar). Surabaya: CV. Gemilang.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2018.
Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penilain Hasil Belajar. Jakarta: s.n.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018. Salinan Lampiran tentang Penilain Hasil Belajar. Jakarta: s.n.
Mustafa, I. & Hermawan, A., 2018. Metodologi Peneilitian Bahasa Arab (Konsep Dasar, Strategi, Teknik). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiono, 2013. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R`&D. Bandung: Alfabeta.
Syairi, K. A., 2013. Jurnal Pembelajaran Bahasa dengan Pendekatan Budaya`. Samarinda: STAIN Samarinda.
Ahmad, n.d. Jurnal Desain Penelitian Isi. s.l.:s.n.
Asrori, I., 2017. Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, 2017. Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: 151 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 6843 Tahun 2016 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Tahu. Jakarta: Kementerian Agama.
Direktorat Pendidikan Madrasah Kemenag, 2017.
Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor: 151 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 6843 Tahun 2016 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional Tahu. Jakarta: Kementerian Amaga.
Effendy, A. F., 2012. Metodologi Pengajaran Bahasa Arab. Malang: Misykat.
Harīr, 2008. Al-Taqwīm al-Tarbawy. s.l.:Al Manhal.
Hijriyah, U., 2018. Analisis Pembelajaran Mufrodat dan Struktur Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah (Sebuah Analisis Isi Penerapan Kurikulum di Madrasah Ibtidaiyah Untuk Menghasilkan Bahan Ajar). Surabaya: CV. Gemilang.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, 2018.
Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2018 tentang Penilain Hasil Belajar. Jakarta: s.n.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018. Salinan Lampiran tentang Penilain Hasil Belajar. Jakarta: s.n.
Mustafa, I. & Hermawan, A., 2018. Metodologi Peneilitian Bahasa Arab (Konsep Dasar, Strategi, Teknik). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sugiono, 2013. Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R`&D. Bandung: Alfabeta.
Syairi, K. A., 2013. Jurnal Pembelajaran Bahasa dengan Pendekatan Budaya`. Samarinda: STAIN Samarinda.
Unduhan
Diterbitkan
2019-06-28
Cara Mengutip
Bahri, O. S. (2019). Analisis Isi Soal UAMBN Bahasa Arab Madrasah Aliyah Tahun Pelajaran 2016/2017 dan 2017/2018 . EDUCARE, 17(1), 50–54. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/241
Terbitan
Bagian
Research