Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Model Problem Posing pada Peserta Didik Sekolah Dasar

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Model Problem Posing pada Peserta Didik Sekolah Dasar

Penulis

  • Elgiva Miarta Syahbana Program Studi Pendidikan Guru SD, FKIP, Universitas Langlangbuana

Kata Kunci:

Model problem posing, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang dilaksanakan di salah satu SD Negeri di Kabupaten Bandung. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas V dan dipilih dua kelas untuk kelas kontrol dan eksperimen. Pada penelitian ini kelas eksperimen mendapatkan perlakuan model problem posing sedangkan kelas kontrol tanpa perlakuan. Hal tersebut dilakukan untuk memperoleh bukti empiris tentang pengaruh penerapan model problem posing terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini berjudul “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Model Problem Posing Pada Peserta Didik Sekolah Dasar” tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan berpikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan dan pengujian hipotesis menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model problem posing secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik ditinjau dari kemampuan berpikir kritis peserta didik pada mata pelajaran matematika di SD. Model pembelajaran problem posing dinilai lebih baik dari metode pembelajaran konvensional dan dapat dijadikan model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Referensi

A.Karim, Muchtar, As’ari, Abdul Rahman, Muhsetyo, Gatot, Sutawidjaja,

Akbar.(1996).Buku Pendidikan Matematika I. Malang : Depdikbud.

Abdul majid .2013. Strategi Pembelajaran .Remaja Rosdakarya : Bandung.

Agus Suprijono. (2013). Cooperative Learning (Teori dan aplikasi Paikem). Jakarta: Pustaka Pelajar.

Alec Fisher. 2009. Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Prestasi Pustakarya. Jakarta.

Brown, E. 2005. Nutrition. Through the Life CycleSecond Edition : Thomson Wadsworth. USA.

Costa, A. L. 1985. Developing Minds : A Resource Book for Teaching Thinking. ASCD. West Street Alexandria,Virginia.

Ennis, R.H. (2011). Argument appraisal strategy: A comprehensive approach. Illinois:University of Illinois.

Ennis, R.H. 1985. Goals for A Critical Thiking Curriculum.
Costa, A.L. (Ed). Developing Minds A Resource Book for Teaching Thinking. Alexandra, Virginia: Assosiation for Supervisions and Curriculum Development (ASCD).

Isjoni. (2011). Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. 2013. Cooperative Learning Efektivitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Istarani. 2011. 58 Pembelajaran Inovatif (Refrensi Guru dalam Menentukan Model Pembelajaran). Medan: Media Persada.

King, F.J., & Goodson, L. (2010). Higher Order Thinking Skills. A publication of the educational Services Program. Universitas Florida.

Krulik, S., & Rudnick, J.A. (2000). Problem Solving in School Mathematic. NCTM.United States of America: Printed in the United States of America.

Kuswana, Wowo sunarya. (2013) Taksonomi Kognitif Perkembangan Ragam Berfikir. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Lestari, dkk. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : Refika Aditama.

Muhfida. 2011. Pengertian Pendekatan Problem Posing. Terdapat di http://muhfida.com/pengertian-pendekatanproblem-posing/ (10 Oktober 2011; 14:55).
Rohman, M & Sofan Amri. 2013. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran Prestasi Pustaka. Jakarta.

Schafersman, S. D. (1991). An Introduction To Critical Thinking. Pp ;1-13. Tersedia di:
http://www.freeinquiry.com/critical-thinking.html.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rhineka Cipta.

Trianto, 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: PT Prestasi Pustaka.

Usman. User. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Diterbitkan

2019-06-28

Cara Mengutip

Syahbana, E. M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Menggunakan Model Problem Posing pada Peserta Didik Sekolah Dasar . EDUCARE, 17(1), 63–69. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/243

Terbitan

Bagian

Research
Loading...