PERAN IDEAL DOSEN PEMBIMBING AKADEMIK DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA
Abstrak
Dalam menjalankan peran dan fungsinya sebagai dosen pembimbing akademik di perguruan tinggi, maka dosen tersebut harus memenuhi faktor-faktor sebagai berikut: mempunyai buku pedoman bimbingan; memahami prinsip-prinsip dasar dan teknik biimbingan; psikologi belajar dan teori belajar yang memadai.Secara ideal sebagai pembimbing akademik, dosen diharapkan mampu menjalankan kesepuluh peran dan fungsi sbb.: dosen sebagai organisator; dosen sebagai fasilitator; dosen sebagai inovator; dosen sebagai penemu; dosen sebagai teladan; dosen sebagai evaluator; dosen sebagai pemandu; dosen sebagai pencipta; dosen sebagai pengabdi dan pelayan bagi masyarakat; dan dosen sebagai konselor.Kata Kunci: dosen wali, prestasi belajar.Referensi
Anonim, 1990 Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 30 tahun 1990 tentang Pendidikan Tinggi , Jakarta: Depdekbud Dirjen Dikti.
Anonim, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi, Jakarta: Depdikbud Ditjen Dikti.
Anwar Arifin, Profil Baru Guru dan Dosen Indonesia, Pustaka Indonesia Kerjasama Pokja Diknas DPP Partai Golkar, Jakarta: 2007
Gunarso, Singgih, 1983, Psikologi Perkembangan, Jakarta: BPK Gunung Mulia Hutabarat, E.P, 1988. Cara Belajar. Jakarta BPK Gunung Mulia
Joni, Raka, T, 1979. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta P3G Depdikbud
Mboeik, Pieter B, 1990. Beberapa Pola Pemecahan Masalah Secara Kreatif. Makalah pada LKMM Tingkah Menengah, Se-Kopertis Wil. VI jawa Tengah di UNISRI , Surakarta
Suyekti, 1999. Peningkatan Kualitas Layanan Pembimng Akademik, Materi disampaikan pada Diskusi di AFKIP UNISRI, Surakarta 25 Januari 1999.
Soekamto Soerjono, 1998 Peranan Perguruan Tinggi dalam Usaha Pengembangan Kawasan Pedesaan, Makalah pada Diskusi Ilmiah di UNISRI, Surakarta, 16 Juni 1988.
Soekamto, Turi, Udin Saripudin Winata Putra. 199, Teori Belajar dan Model-Model Pembelajaran . Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud.
Winkell SJ, WS, 19687, Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia.