Kurikulum Berbasis Kompetensi: Suatu Tinjauan dalam Inovasi Pendidikan
Abstrak
Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) merupakan salah satu bentuk kurikulum yang menekankan ketuntasan belajar yang dicerminkan dalam performansi yang merupakan perpaduan ranah afektif, psikomotor, dan kognitif. KBK merupakan salah satu alternatif jawaban terhadap tuntutan adanya perubahan berkenaan dengan globalisasi, desentralisasi pendidikan dan kebutuhan diversifikasi kurikulum. KBK memerikan kewenangan kepada daerah (desntralisasi) untuk mengembangkan sendiri silabus yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing sekolah di daerah yang bersangkutan.Referensi
Tersedia di dalam naskah.
Unduhan
Diterbitkan
2006-10-01
Cara Mengutip
Kuntadi, I. (2006). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Suatu Tinjauan dalam Inovasi Pendidikan. EDUCARE, 3(2). Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/93
Terbitan
Bagian
Research