Kurikulum Berbasis Kompetensi: Suatu Tinjauan dalam Inovasi Pendidikan

Kurikulum Berbasis Kompetensi: Suatu Tinjauan dalam Inovasi Pendidikan

Penulis

  • Iwa Kuntadi FPTK Universitas Pendidikan Indonesia

Abstrak

Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) merupakan salah satu bentuk kurikulum yang menekankan ketuntasan belajar yang dicerminkan dalam performansi yang merupakan perpaduan ranah afektif, psikomotor, dan kognitif. KBK merupakan salah satu alternatif jawaban terhadap tuntutan adanya perubahan berkenaan dengan globalisasi, desentralisasi pendidikan dan kebutuhan diversifikasi kurikulum. KBK memerikan kewenangan kepada daerah (desntralisasi) untuk mengembangkan sendiri silabus yang disesuaikan dengan kondisi masing-masing sekolah di daerah yang bersangkutan.

Referensi

Tersedia di dalam naskah.

Diterbitkan

2006-10-01

Cara Mengutip

Kuntadi, I. (2006). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Suatu Tinjauan dalam Inovasi Pendidikan. EDUCARE, 3(2). Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/93

Terbitan

Bagian

Research
Loading...