Upaya Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep dengan Teknik Visusalisasi Perkalian Dua Buah Matriks

Upaya Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep dengan Teknik Visusalisasi Perkalian Dua Buah Matriks

Authors

  • Warnengsih SMK Bina Warga Bandung

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Teknik Visualisasi

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berorientasi dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika melalui teknik Visualisasi di kelas XII AK1 SMK Bina Warga Bandung . Adapun subjek yang diteliti adalah seluruh siswa kelas XII AK1 yang berjumlah 28 siwa . Penelitian ini meliputi dua siklus, yaitu siklus pertama dari kali pertemuan dan siklus ke dua sebanyak kali pertemuan. Instrumen penelitian ini adalah observasi dan tes hasil belajar . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman dan hasil tes hasil belajar siswa siswa kelas XII AK1 SMK Bina Warga Bandung mengalami peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan ini terlihat dari hasil pengolahan analisis data yaitu nilai pada siklus I diatas KKM 39,29%,sedangkan pada siklus II menjadi 68% . Dari hasil analissi data diperoleh adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II 28,57% d.Berdasarkan hasil observasi siswa pembelajaran dengan teknik Visualisasi baik dan sesuai dengan materi pokok bahasan Perkalian Dua Buah Matriks

References

Erman , dan Udin,S. (1999). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta : Universitas terbuka

Mulyana, Slamet. (2006). Penelitian Kualitas dalam Pembelajaran

Pasaribu dan B. Simajuntak. (1983). Proses Belajar Mengajar. Bandung : Tarsito

Renny. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. LPMP jawa Barat.

Sutama. (1996). Pelajaran matematika untuk kelompok bisnis manajemen Studi Akuntansi. Manajemen Bisnis. Surakarta : CV SETIAJI Sofireni.

Downloads

Published

2018-12-31

How to Cite

Warnengsih. (2018). Upaya Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep dengan Teknik Visusalisasi Perkalian Dua Buah Matriks . INTERMATHZO, 3(2), 79–87. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/283

Issue

Section

Research
Loading...