Upaya Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep dengan Teknik Visusalisasi Perkalian Dua Buah Matriks
Kata Kunci:
Penelitian Tindakan Kelas, Teknik VisualisasiAbstrak
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berorientasi dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika melalui teknik Visualisasi di kelas XII AK1 SMK Bina Warga Bandung . Adapun subjek yang diteliti adalah seluruh siswa kelas XII AK1 yang berjumlah 28 siwa . Penelitian ini meliputi dua siklus, yaitu siklus pertama dari kali pertemuan dan siklus ke dua sebanyak kali pertemuan. Instrumen penelitian ini adalah observasi dan tes hasil belajar . Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman dan hasil tes hasil belajar siswa siswa kelas XII AK1 SMK Bina Warga Bandung mengalami peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan ini terlihat dari hasil pengolahan analisis data yaitu nilai pada siklus I diatas KKM 39,29%,sedangkan pada siklus II menjadi 68% . Dari hasil analissi data diperoleh adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II 28,57% d.Berdasarkan hasil observasi siswa pembelajaran dengan teknik Visualisasi baik dan sesuai dengan materi pokok bahasan Perkalian Dua Buah MatriksReferensi
Erman , dan Udin,S. (1999). Strategi Belajar Mengajar Matematika. Jakarta : Universitas terbuka
Mulyana, Slamet. (2006). Penelitian Kualitas dalam Pembelajaran
Pasaribu dan B. Simajuntak. (1983). Proses Belajar Mengajar. Bandung : Tarsito
Renny. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. LPMP jawa Barat.
Sutama. (1996). Pelajaran matematika untuk kelompok bisnis manajemen Studi Akuntansi. Manajemen Bisnis. Surakarta : CV SETIAJI Sofireni.
Mulyana, Slamet. (2006). Penelitian Kualitas dalam Pembelajaran
Pasaribu dan B. Simajuntak. (1983). Proses Belajar Mengajar. Bandung : Tarsito
Renny. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. LPMP jawa Barat.
Sutama. (1996). Pelajaran matematika untuk kelompok bisnis manajemen Studi Akuntansi. Manajemen Bisnis. Surakarta : CV SETIAJI Sofireni.
Unduhan
Diterbitkan
2018-12-31
Cara Mengutip
Warnengsih. (2018). Upaya Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep dengan Teknik Visusalisasi Perkalian Dua Buah Matriks . INTERMATHZO, 3(2), 79–87. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/283
Terbitan
Bagian
Research