Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik

Authors

  • Hilman Munazar Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Bella Anantha Sritumini Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Cucu Lisnawati Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Keywords:

Pembelajaran Kooperatif STAD, Aktivitas Belajar

Abstract

Model pembelajaran kooperatif tipe STAD merupakan salah satu metode pembelajaran yang dapat membantu untuk meningkatkan aktivitas belajar peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada kelas eksperimen setelah menerapkan perlakuan berupa model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian yaitu metode eksperimen dengan sifat penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen dan desain yang dipilih yaitu Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini yaitu XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan instrumen lembar observasi aktivitas belajar, teknik analisis data dengan statistic parametric menggunakan bantuan aplikasi software SPSS 22. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu terdapat peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD serta peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan peningkatan aktivitas belajar peserta didik pada kelas kontrol yang menggunakan metode tanya jawab dengan tampilan presentasi menggunakan aplikasi microsoft powerpoint.

References

Ahmadi dan Supriyono. 2004. Psikologi Belajar.Jakarta: PT. Rineka Cipta

Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta

Borg & Gall. 2003. Education Research. New York: Allyn and Bacon

Dalyono. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Dimyati dan Mujiyono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartati, Sri. (2011). Strategi Pembelajaran Kooperatif dalam Proses Belajar mengajar. Jakarta: Edukasi

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21 Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Ghalia Indonesia

Isjoni. 2009. Cooperative Learning: Efektivias Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta

Maidiyah. 2011. Metode Mengajar. Jakarta: Gramedia

Martinis. 2007. Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta:Gaung Persada Pers

Nasution, S. 2009. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara

Nur, Mohamad. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA Press

Nurhadi. 2011. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: UM Press

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo

Sardiman. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Slavin, R.E. 2009. Cooperative Learning Teori, Reset, dan Praktek. Bandung: Nusa Media

Soewarso. 1998. Menggunakan Strategi Cooperative Learning di dalam Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Edukasi

Sudjiono, A. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo

Sudjana, Nana. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar. Bandung: Sinar Baru

Sudjana, Nana 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta

Trianto. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Surabaya: Prestasi Pustaka

Warsono & Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif . Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2019-06-29

How to Cite

Munazar, H., Sritumini, B. A., & Lisnawati, C. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 5(1), 30–39. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/321

Issue

Section

Research
Loading...