Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Time Token Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Time Token Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik

Authors

  • Dentin Marimmas Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Rita Zahara Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Bella Anantha Sritumini Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Keywords:

model time token, kemampuan komunikasi, etiko profesi

Abstract

This research is motivated by the problem of increasing communication skills of low students, especially on professional ethics subjects. The purpose of this study is to obtain information about the Time Token Model. In the subject of professional ethics in improving the communication skills of students. The research design used in this study is the Quasy experiment Nonequivalent Control Group Design.  The increase is seen from each indicator of student learning outcomes which includes verbal and nonverbal communication skills. In conclusion, from the hypothesis which states based on the testing of the information obtained, it can be concluded that there are differences in learning outcomes when the Time Token model is applied. Based on the evidence that the hypothesis which reads "There is an increase in the communication skills of students after the application of the Time Token model" can be accepted. Based on the results of data analysis in chapter IV, there are differences between the experimental class and the control class, which can be seen from the results of the t test.

References

Arifin, Z. (2014). Evaluasi Pembelajaran Prinsip Teknik Prosedur. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Darmajati, T. (2016, September 2). Konsep Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan. Diambil kembali dari Direktorat Pembinaan SMK, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: https://psmk.kemdikbud.go.id/kont en/1869/konsep-pembelajaran-di- sekolah-menengah-kejuruan

Fakhrizal. (2016, Desember 13). Pengertian Kemampuan. Diambil kembali dari Jejak Pendidikan Portal Pendidikan indonesia: http://www.jejakpendidikan.com/2 016/12/pengertian- kemampuan.html

Hamad, I. (2014). Komunikasi dan Perilaku Manusia. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Hidayat, A. (2017). Cara Uji Normalitas
dan Homogenitas. Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Langlangbuana.

Iriantara, Y. (2014). Komunikasi Pembelajaran. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Kusuma, L. H. (2013). Pemecahan Masalah. diambil kembali dari RePeLu: http://lingga- repeluone.blogspot.com/p/pemecah an- masalah.html

Lestari, k. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Majid, A. (2016). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution, M. S. (2017, Mei 9). 5 Etika dan Tata Krama Menyampaikan Pendapat pada Orang Lain. Diambil kembali dari Liputan6: https://www.liputan6.com/lifestyle/ read/2945633/5-etika-dan-tata-krama- menyampaikan-pendapat-pada-orang- lain

Nurudin. (2017). Ilmu Komunikasi Ilmiah dan Populer. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Puji, R. (2016, 12). Diskusi: Pengertian, Unsur, Fungsi dan Jenis Diskusi. Retrieved from Soft Ilmu: https://www.softilmu.com/2016/12/ diskusi-pengertian-unsur-fungsi- jenis- diskusi-adalah.html

Raveena, A. Z. (2017, Agustus). Bagaimana cara bertanya yang efektif didalam komunikasi. Diambil kembali dari Dictio: https://www.dictio.id/t/bagaimana- cara-bertanya-yang-efektif- didalam-komunikasi/3765/4

Riadi, M. (2015, Agustus 27). Komunikasi
Nonverbal. Diambil kembali dari Kajian Pustaka.Com: https://www.kajianpustaka.com/20 15/08/komunikasi-nonverbal.html

Sanjaya, w. (2013). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Perdana Group.

Setiawan, S. R. (2015, September 15). Inilah Efek Melakukan Kontak Mata Saat Berbicara. Diambil kembali dari Kompas.com: https://lifestyle.kompas.com/read/2 015/09/15/200700820/Inilah.Efek. Melakukan.Kontak.Mata.Saat.Berb icara

Siswapedia, T. (2016, Desember 12). Menulis Laporan Diskusi. Diambil kembali dari Siswapedia: https://www.siswapedia.com/menul is- laporan-diskusi/
Sugiono. (2014). Metode Penelitian Kuantitaf, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2018-12-31

How to Cite

Marimmas, D., Zahara, R., & Sritumini, B. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Time Token Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Peserta Didik. EDUCARE, 16(2), 35–42. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/229

Issue

Section

Research

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 
Loading...