ASESMEN PORTOFOLIO
Abstract
Asesmen otentik yang akurat-objektif adalah dambaan semua pihak, termasuk guru dan siswa, yaitu sistem penilaian yang berkenaan dengan proses dan hasil belajar. Dengan asesmen otentik, hakikat penilaian sebagai penghargaan atas setiap usaha dan aktivitas siswa bisa terwujud, karena penilaian direncanakan dan dilaksanakan dengan berbagai cara dan meliputi berbagai aspek. Salah satu cara penilaian yang bisa meliput hal di atas adalah menggunakan asesmen portofolio. Asesmen portofolio adalah penilaian terhadap kumpulan berkas sebagai bukti fisik setiap aktivitas siswa selama dan sesudah pembelajaran, bisa berupa dokumen hasil tes, tugas-tugas, hasil karya, catatan tentang sikap-minat, ketrampilan, dan kompetensi siswaReferences
Dikmenum. (2003). Kurikulum 2004; Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian. Jakarta: Depdiknas.
-------------- (2004). Kurikulum dan Hasil Belajar; Penilaian Berbasis Kelas. Jakarta : Depdiknas.
Direktorat Ketenagaan Dirjendikti. (2006). Rubrik Penilaian Portofolio; Pedoman bagi Asesor. Jakarta: Depdiknas.
Erman Suherman (1994) Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka
Erman, S. Ar. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA- FPMIPA UPI
Erman, S.Ar. (2005). Asesmen Proses dan Hasil Belajar; Makalah Diklat. Bandung : Depdiknas Povinsi Jawa Barat.
Erman, S.Ar. (2007). Asesmen Portofolio; Makalah Diklat. Bandung : LPMP Jawa Barat