Model Pembelajaran Open Ended
Abstract
Dalam kehidupan nyata, setiap individu selalu berhadapan dengan masalahyang harus dicarikan solusinya dan bukan untuk dihindari, cara memecahkan masalah tersebut seringkali beragam begitu pula dengan solusi yang diperolehnya. Dengan memandang bahwa pembelajaran adalah miniatur dari proses kehidupan sebenarnya, dalam pembelajran seorang guru (dosen) seyogianya memberikan keterampilan hidup (life skill) kepada siswa (mahasiswa), berupa kompetensi pemecahan masalah terbuka. Open ended adalah pembelajaran yang memberikan permasalahan terbuka kepada siswa (mahasiswa) dengan maksud unutk mendidik, melatih, dan membiasakan siswa dalam mencari cara menyelesaikan masalah yang sifatnya multi jawab. Pembelajaran model ini membiasakan siswa untuk kreatif, melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi dan kritis (intuisi, investigasi, inkuiri, eksplorasi, konjektur, abstraksi, generalisasi), memelihara rasa sabar dan tenggang rasa (komunikasi, interaksi), bekerja secara berproses dan bertahap bersikap terbuka terhadap jawban berbeda yang bisa benar, berbagi pengetahuan dan pengalaman.References
Tersedia di dalam naskah.
Downloads
Published
2006-07-01
How to Cite
Suherman, E. (2006). Model Pembelajaran Open Ended. EDUCARE, 3(1). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/81
Issue
Section
Research