Pengembangan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), Agar Dapat Melihat Peningkatan Kreatifitas Belajar Siswa

Pengembangan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), Agar Dapat Melihat Peningkatan Kreatifitas Belajar Siswa

Penulis

  • Neng Anisa Candrawulan Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Erliany Syaodih Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Popon Mariam Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Kata Kunci:

Model creative problem solving, kreativitas belajar siswa

Abstrak

Kreatifitas belajar siswa sangatlah diperlukan dalam pembelajaran untuk mengoptimalkan pembelajaran agar mencapai tujuan pembelajaran yang tepat dalam mencapai hasil belajar yang baik. Namunpada umumnya kreatifitas belajar siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengembangan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), agar dapat melihat peningkatan kreatifitas belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang melakukan uji coba terbtas pada kelas XI Ruminansia A SMK Peternakan Negeri Lembang dan uji coba luas pada kelas XI Pemasaran 3 SMK 1 Bandungp ada mata pelajaran kewirausahaan. Berdasarkan hasil penelitian ini terlihat bahwa pengembangan model pembelajaran CPS telah tercapai dengan cukup baik berdasarkan hasil pengolahan observasi sebesar 75,42%. Melihat bahwa model pembelajaran CPS memberikan kontribusi dalam meningkatkan kreatifitas belajar siswa dalam mata pelajaran kewirausahaan, maka penulis menyarankan untuk mengembangkan model pembelajaran CPS pada bahasan selanjutnya maupun pada mata pelajaran lain.

Referensi

Airasian. 2010. Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran dan Assesmen Revisi Taksonomi Pendidkan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Alma, Bucholi . 2011. Kewirausahaan Untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta.

Arifin, Z. 2011. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Cahyono, A.N. 2007. Pengembangan Model Creative Problem Solving berbasis teknologi. Tersedia, http: //www.adi-negara.blogspot.com [13 Juli2013].

Depdiknas. 2003. Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Haerul. 2010. Pengaruh Model CPS Berbasis Kontekstual Terhadap Kompetensi Strategik Siswa SMP dalam Belajar Matematika. SKRIPSI: UPI. Bandung: tidak diterbitkan.

Karen. 2004. Creative Problem Solving in Match. Tersedia, http: //www.uh.edu/honors-ands-the-schools/houston-teachers-institutet/curiculum-units/pdf [1 Juli 2013]

Kusdiyanto,P. 2011. Model Pembelajaran Creatve Problem Solving untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fludastatis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. TESIS: UPI. Bandung: tidak diterbitkan.

Maraiana, D. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran Cretive Problem Solving Terhadap Peningkatan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. TESIS: UPI. Bandung: tidak diterbitkan.

Masnur,Muslich. 2011. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kotekstual Panduan bagi Guru, Kepsek, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Munandar, Utami. 2002. Kreativitas dan Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Murniati, E. 2012. Pendidikan dan Bimbingan Anak Kreatif. Yogyakarta: PT.Pustaka Insan Madani.

Ramdania. 2010. Penggunaan Media Flash Flip Book dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. SKRIPSI: UPI . Bandung: tidak diterbitkan.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Bandung: Rajawali Press

Santoso, S. 2013. Menguasai SPSS 21 di Era Informasi. Jakarta: PT.Elexmedia Komputindo.

Senjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suherman,E dkk. 2001. Startegi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: IMSTP JICA.

Syaodih, Nana. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.Remja Rosdakarya.

Tejasutisna. 2009. Kewirausahaan Sekolah Menengah Kejuruan. Bandung: HUP.

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorietasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Tim Penyusun. 2011. Pedoman Penyusunan Skripsi. Bandung: FKIP UNLA.

Wena, M. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT.Bumi Aksara.

Zakaria. 2009. Pengembangan Model Pembelajaran Inkuiri Sosial untuk Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Transaksi Keuangan. TESIS: UPI. Bandung: tidak diterbitkan.

Diterbitkan

2013-12-30

Cara Mengutip

Candrawulan, N. A., Syaodih, E., & Mariam, P. (2013). Pengembangan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), Agar Dapat Melihat Peningkatan Kreatifitas Belajar Siswa. EDUCARE, 11(2), 1–9. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/182

Terbitan

Bagian

Research

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 1 2 
Loading...