Penerapan Model Pembelajaran Number Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Sekolah Dasar
Kata Kunci:
Model Pembelajaran Number Heads Together, NHT, Hasil Belajar Peserta DidikAbstrak
Rendahnya hasil belajar dengan pembelajaran konvensional disebabkan tidak menyeluruhnya penguasaan terhadap materi pembelajaran. Pembelajaran Number Heads Together (NHT) diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian Quasi eksperimen, populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III Sekolah Dasar dengan mengambil sampel dua kelas sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kedua kelas ini diberikan perlakuan yang berbeda, dimana kelas kontrol melaksanakan pembelajaran secara konvensional sedangkan kelas eksperimen dengan model pembelajaran NHT dalam materi pembelajaran “Ciri-ciri dan kebutuhan Mahluk Hidup”. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar hasil belajar. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji t.Hasil Penelitian diperoleh bahwa kenaikan rata-rata kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol, setelah dilakukan uji normalitas,uji homogenitas dan uji t, hal ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan pembelajaran yang lebih baik pada kelas eksperimen, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran Number Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi guru dan peserta didik untuk meningkatkan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran NHT.Referensi
Arfina Akbarleni (2013), Peningkatan Kualitas Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together Dengan Media Power Point Pada Siswa Kelas III, Universitas Negeri Semarang
Arikunto, Suharsimi (2013) Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta
Arikunto, Suharsimi (2013). Dasar- dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi aksara.
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Departemen Pendidukan Nasional. (2006). Panduan Kurikulum Satuan Tingkat
Pendidikan ( KTSP ) SD/MI. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006. Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Dimyati & Mudjiono, (2010). Belajar dan Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah dan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dyasayu. (2011). Teori Pembelajaran IPA. Tersedia, http://dnoeng.wordpress.com/2011/07/17/teori-pembelajaran-ipa/. (19 Januari 2014, pukul 18.25)
Gintings, Abdorakhman (2010). Belajar & Pembelajaran. Bandung Humaniora.
Hamalik, Oemar (2014). Proses belajar Mengajar. Jakarta Bumi Aksara.
Hamid, Huzaifah(2010). Konsep Dasar Strategi Pembelajaran. (http//zaifbio.wordpress.com/2010/01/14/) di unduh pada tanggal 09/02/2015/pukul 20.15.
Miftahul Huda, (2013) Model-Model Pembelajaran dan Pengajaran, Pustaka Pelajar, Yogyakarta
Mulus Wahya D. (2014). Pengaruh Penerapan Ppendekatan Konvensional Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Bandung: Universitas Langlangbuana.
Riffa’I, Anni. 2011. Psikologi Pendidikan.Semarang: UNNES PRESS.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ruseffendi, H. E. T (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non Esakta Lainnya. Bandung Tarsito
Sanjaya, Wina (2010). Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.
Sudjana, Nana (2010). Penilaian Hasil Belajar Proses belajar mengajar.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.(cetakan limabelas)
Sugiyanto (2010). Model-model Pembelajaran inovatif. Surakarta:Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.
Sugiyono (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Suyadi (2013).Strategi Pembelajaran pendidikan karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Trianto (2010). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi pustaka.
Arikunto, Suharsimi (2013) Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta
Arikunto, Suharsimi (2013). Dasar- dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Bumi aksara.
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Standar Isi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Departemen Pendidukan Nasional. (2006). Panduan Kurikulum Satuan Tingkat
Pendidikan ( KTSP ) SD/MI. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006. Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Dimyati & Mudjiono, (2010). Belajar dan Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah dan Zain. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dyasayu. (2011). Teori Pembelajaran IPA. Tersedia, http://dnoeng.wordpress.com/2011/07/17/teori-pembelajaran-ipa/. (19 Januari 2014, pukul 18.25)
Gintings, Abdorakhman (2010). Belajar & Pembelajaran. Bandung Humaniora.
Hamalik, Oemar (2014). Proses belajar Mengajar. Jakarta Bumi Aksara.
Hamid, Huzaifah(2010). Konsep Dasar Strategi Pembelajaran. (http//zaifbio.wordpress.com/2010/01/14/) di unduh pada tanggal 09/02/2015/pukul 20.15.
Miftahul Huda, (2013) Model-Model Pembelajaran dan Pengajaran, Pustaka Pelajar, Yogyakarta
Mulus Wahya D. (2014). Pengaruh Penerapan Ppendekatan Konvensional Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Bandung: Universitas Langlangbuana.
Riffa’I, Anni. 2011. Psikologi Pendidikan.Semarang: UNNES PRESS.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ruseffendi, H. E. T (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non Esakta Lainnya. Bandung Tarsito
Sanjaya, Wina (2010). Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.
Sudjana, Nana (2010). Penilaian Hasil Belajar Proses belajar mengajar.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.(cetakan limabelas)
Sugiyanto (2010). Model-model Pembelajaran inovatif. Surakarta:Panitia Sertifikasi Guru Rayon 13.
Sugiyono (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.
Suyadi (2013).Strategi Pembelajaran pendidikan karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Trianto (2010). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi pustaka.
Unduhan
Diterbitkan
2015-12-30
Cara Mengutip
Widyaningsih, D. R., Widyatiningtyas, R., & Lisnawati, C. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Number Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Sekolah Dasar. EDUCARE, 13(2), 30–38. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/201
Terbitan
Bagian
Research