Pengembangan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep

Pengembangan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep

Penulis

  • Deby Fitriyani Program Studi Pendidikan Guru SD, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Erliany Syaodih Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Nuri Annisa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Langlangbuana

Kata Kunci:

Mind Mapping, Kemampuan Pemahaman Konsep

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman konsep peserta didik terhadap pembelajan matematika di sekolah dasar. Berdasarkan permasalahan di atas peneliti membuat serta mengembangkan metode yang berbeda dari sebelumnya, yaitu metode Mind Mapping, yang diharapkan mampu meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran matematika. Metode Penelitian digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Populasi dalam penelitian ini peserta didik kelas V SD Negeri Pelita Bandung, dengan sampel penelitian dua kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas control dan desain penelitian Pretest –Posttest Control Group Design. Berdasarkan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa pengembangan metode Mind Maping lebih mampu meningkatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik dalam pembelajaran matematika dibandingkan tidak menggunakan metode Mind Mapping.

Referensi

Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pemelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Depdiknas. (2004). Model Pembelajaran Matematika. Jakarta.

Hamalik, O. (2003). Metode Belajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung: Remaja Karya.

Hamdayana, J. (2015). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Harta, I. (2006). Matematika Bermakna. Surakarta: Mediatama.

Huda, M. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hudojo, H. (2005). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Cetakan I. Malang : Universitas Negeri Malang (UM Press).

Kusaeri, dan Suprananto, (2012). Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mulyasa. (2007). Menjadi guru Profesional menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Muslim, A. (2010). Hakikat Matematika dan Pembelajaran Matematika SD. [Online]. Tersedia http://arifinmuslim.wordpress.com/2010/03/27/hakikat- matematika-dan-pembelajaran-matematika-di-sd/. [27 Juli 2017]

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 22 Tahun 2006. (2007). Tentang Standar Isi.

Putra, N. (2011). Research and Development. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Ruseffendi, (2010). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksata Lainnya. Bandung: Tarsito.

Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sangidu. (2004). Penelitian Sastra, Pendekatan, Teori, Metode, Teknik dan Kiat. Yogyakarta: Unit Penerbitan Sastra Asia Barat Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada.

Sudjana, N. (2005). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudrajat, A. (2008). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sujoko, E, dkk. (2013). Revisi Taksonomi Pembelajaran Benyamin S. Bloom. [Online]. Tersedia. https://www.reseachgate.net. [28 Juli 2017].

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsaputra, U. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung: PT Refika Aditama.

Suherman, E dkk. (2001). Srategi Belajar Mengajar Kontemporer. Bandung : JICA.

Suherman, E dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Yogyakarta: Universitas Pendidikan Indonesia.

Suprijono, A. (2011). Model-model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Jaya.

Suyatno. (2009). Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Syaodih, E. dkk. (2009). Pedoman Penyusunan Skripsi. Bandung.

Syaodih, N. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: PT. Kencana.

Usman, Moh. U. (2002). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Diterbitkan

2017-12-29

Cara Mengutip

Fitriyani, D., Syaodih, E., & Annisa, N. (2017). Pengembangan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep . EDUCARE, 15(2), 1–11. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/215

Terbitan

Bagian

Research
Loading...