Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Upaya meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa
Kata Kunci:
berpikir tingkat tinggi, metode pbmAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji effektivitas model pembelajaran berbasis masalah dalam mata pelajaran sosiologi dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Untuk objek penelitian jumlah siswa dari masing –masing kelas yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terdiri atas 30 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu test, lembar observasi dan RPP. Data yang dikumpulkan berupa hasil pretes dan postes kemudian dianalisis. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-anova dan uji-t menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah memiliki keunggulan yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menggunakan pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Keunggulan tersebut dilihat dari masing-masing indikator kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang mencakup kemampuan menganalisis, mengevaluasi dan kreatif.Referensi
Anderson, Krathwohl, Airasian, Cruikshank, Mayer, Pintrich, et al. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing. New York: Longman.
Arends, R. I. (1997). Classroom Instruction and Management. United States: McGraw-Hil.
Ching, C, C., & gallow, d. (2000). Fear & Loathing in PBL: Faculty Reaction to Developing PBL for a Large Research
University. Problem Based Learning: Education Innovation Across Disiplines. Singapore: Temasek Centre for Problem Based Learning.
Dasna, Wayan, I., & Sutrisno. (2010). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-based Learning). Malang: Lembaga Penelitian UM.
Dewitz, P. (2006). Promoting Higher- Order Thinking: Toward a More Comprehensive Comprehension Curriculum. pdewitz@cstone.net: pdewitz@cstone.net.
Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Evers, Rush, & Berdrow. (1998). The Bases of Competence: Skills for Lifelong Learning and Employability. Jossey: Bass Inc.
Ibrahim, & Nur. (2002). Pembelajaran Berbasis Masalah. Surabaya: Unesa University Press.
Rusman. (2008). Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. Tan, O. S. (2003). Problem Based Learning; Using Problem to Power Learning In The 21 st Century. Singapore: Seng Lee Press.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yin, & Hee, S. (2005). Problem Based Learning: An Institutional Perspectives. (Ed): (Ed).
Arends, R. I. (1997). Classroom Instruction and Management. United States: McGraw-Hil.
Ching, C, C., & gallow, d. (2000). Fear & Loathing in PBL: Faculty Reaction to Developing PBL for a Large Research
University. Problem Based Learning: Education Innovation Across Disiplines. Singapore: Temasek Centre for Problem Based Learning.
Dasna, Wayan, I., & Sutrisno. (2010). Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-based Learning). Malang: Lembaga Penelitian UM.
Dewitz, P. (2006). Promoting Higher- Order Thinking: Toward a More Comprehensive Comprehension Curriculum. pdewitz@cstone.net: pdewitz@cstone.net.
Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Evers, Rush, & Berdrow. (1998). The Bases of Competence: Skills for Lifelong Learning and Employability. Jossey: Bass Inc.
Ibrahim, & Nur. (2002). Pembelajaran Berbasis Masalah. Surabaya: Unesa University Press.
Rusman. (2008). Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. Tan, O. S. (2003). Problem Based Learning; Using Problem to Power Learning In The 21 st Century. Singapore: Seng Lee Press.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Yin, & Hee, S. (2005). Problem Based Learning: An Institutional Perspectives. (Ed): (Ed).
Unduhan
Diterbitkan
2018-12-31
Cara Mengutip
Mariam, P. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Upaya meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. EDUCARE, 16(2), 60–71. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/232
Terbitan
Bagian
Research