Penerapan Metode Permainan Bingo untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dalam Pembelajaran Kosa Kata Benda Bahasa Inggris Kelas 4 Sekolah Dasar
Kata Kunci:
metode permainan bingo, aktivitas belajar, kosa kta benda bahasa inggrisAbstrak
English vocabulary is the beginning of learning English, English vocabulary is very much to be understood. By using the correct English vocabulary we can communicate or make a sentence properly and correctly. So, better when learning English can use interesting and curiosity learning methods to understand many more English vocabulary. In this study the author only uses noun vocabulary in English.The aim to be achieved in this study is to find out the causes of lack of activity of students in learning English vocabulary nouns in fourth grade elementary school and describe the use of the Bingo game method in increasing English vocabulary nouns learning activities in fourth grade elementary school. In this study it is very trying to get a picture of the application of the method of bingo games to strengthen the mastery of English vocabulary in fourth grade elementary school.Based on the results of the study there is an increase in learning activities of students in learning English vocabulary using the method of bingo games, because the method of bingo games increases understanding rather than increasing students in memorizing in English vocabulary.Referensi
Agustina, N. (2018). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta. Penerbit Deepublish.
Satori,Djam’an dan Aan Komariah. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. ALFABETA,cv.
Susanto, A. (2013). Teori Belajr dan Perkembangan Di Sekolah Dasar Edisi Pertama. Jakarta. Penada Media Group.
Syah, Muhibbin. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya Offset.
Untara, W. (2016). Pintar Percakapan & Kosakata Bahasa Inggris Sehari-hari:Ringkas, Cepat, & Praktis. Yogyakarta. Indonesia Tera.
Pertiwi, R. (2015). Penerapan Pembelajaran Aktif Metode Permainan Bingo Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Tunas Mekar. UIN : (Skripsi).
Ridwan, Muhammad. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kultur Sekolah di SD Negeri Lempuyungan 1 Kota Yogyakarta.UNY : (Skripsi)
Setyowati, S. (2015). Upaya Peningkatan Keterampilan Menyimak Bahasa Prancis Siswa Kelas XI IPS 3 SMA N Purworejo Dengan Menggunakan Media Permainan Bingo. UNY : (Skripsi)
Yulaekha, N.R. (2016). Efektivitas Permainan Bingo dalam Pembelajaran Program Aplikasi Kelas VII SMP Negeri 25 Purworejo. UNNES : (Skripsi).
Arinoviani, K.D., Pudjawan. K. Dan Antara. P.A. (2016). Penerapan metode bercerita untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris anak kelompok A1 dalam kegiatan ekstrakulikuler, e-Jounal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4(2016). Nomor.2. Diakses dari https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/7751&ved=2ahUKEqiBiNjWoqTfAhXXM94KHdiTCoAQFjAGegQICBAB&usg=AOvVaw0kcvk91pLY_lz60pSTgTR pada tanggal 20 November pukul 21.00
Hapsari, Dinar. Dan Wicaksono, Dwi Vicky. (2012). Pengaruh Metode Permainan Bingo terhadap Motivasi dan Pemahaman Materi PPKN Kelas IV SDN Sumokembangsri Sidoarjo, 0-216. Diakses dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/23980 pada 6 Juni 2019 pukul 19.17.
Rosyidi, M.I & Sukrisno, A. (2013). Peningkatan keterampilan berbahasa Inggris dengan metode bercerita bagi anak-anak panti asuhan di Semarang. Rekayasa, 2, 139-149. Diakses dari https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://journal.unnes.acid/nju/index.php://rekayasa/article/view/10309&ved=2ahUKEwi8g_L24JTFAhXYX30KHTIPAxAegQIBRA&usg=AOvVaw1tFCaOPb1PgXmXwG60url pada 29 Oktober 2018 pukul 17.00
Sudrajat, H.N. & Herlina. (2015). Meningkatkan pemahaman kosakata bahasa Inggris melalui metode permainan bingo. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI, 2,114-121. Diakses dari http://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://journal.unj.acid/unj.ac.id/unj/index.php/jiv/article/download/3749/2793/ved=23ahUKEewihyuze2pTfAhVWWH0KHVUDDz1QFjABegQ1ChAB&usg=AOvVaw3i1Cm66DeM_WafibUZwXT&eshid=154445904097 pada tanggal 26 Oktober 2018.
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NO.20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL
Satori,Djam’an dan Aan Komariah. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung. ALFABETA,cv.
Susanto, A. (2013). Teori Belajr dan Perkembangan Di Sekolah Dasar Edisi Pertama. Jakarta. Penada Media Group.
Syah, Muhibbin. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung. PT Remaja Rosdakarya Offset.
Untara, W. (2016). Pintar Percakapan & Kosakata Bahasa Inggris Sehari-hari:Ringkas, Cepat, & Praktis. Yogyakarta. Indonesia Tera.
Pertiwi, R. (2015). Penerapan Pembelajaran Aktif Metode Permainan Bingo Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Tunas Mekar. UIN : (Skripsi).
Ridwan, Muhammad. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Kultur Sekolah di SD Negeri Lempuyungan 1 Kota Yogyakarta.UNY : (Skripsi)
Setyowati, S. (2015). Upaya Peningkatan Keterampilan Menyimak Bahasa Prancis Siswa Kelas XI IPS 3 SMA N Purworejo Dengan Menggunakan Media Permainan Bingo. UNY : (Skripsi)
Yulaekha, N.R. (2016). Efektivitas Permainan Bingo dalam Pembelajaran Program Aplikasi Kelas VII SMP Negeri 25 Purworejo. UNNES : (Skripsi).
Arinoviani, K.D., Pudjawan. K. Dan Antara. P.A. (2016). Penerapan metode bercerita untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris anak kelompok A1 dalam kegiatan ekstrakulikuler, e-Jounal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4(2016). Nomor.2. Diakses dari https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/7751&ved=2ahUKEqiBiNjWoqTfAhXXM94KHdiTCoAQFjAGegQICBAB&usg=AOvVaw0kcvk91pLY_lz60pSTgTR pada tanggal 20 November pukul 21.00
Hapsari, Dinar. Dan Wicaksono, Dwi Vicky. (2012). Pengaruh Metode Permainan Bingo terhadap Motivasi dan Pemahaman Materi PPKN Kelas IV SDN Sumokembangsri Sidoarjo, 0-216. Diakses dari https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/23980 pada 6 Juni 2019 pukul 19.17.
Rosyidi, M.I & Sukrisno, A. (2013). Peningkatan keterampilan berbahasa Inggris dengan metode bercerita bagi anak-anak panti asuhan di Semarang. Rekayasa, 2, 139-149. Diakses dari https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://journal.unnes.acid/nju/index.php://rekayasa/article/view/10309&ved=2ahUKEwi8g_L24JTFAhXYX30KHTIPAxAegQIBRA&usg=AOvVaw1tFCaOPb1PgXmXwG60url pada 29 Oktober 2018 pukul 17.00
Sudrajat, H.N. & Herlina. (2015). Meningkatkan pemahaman kosakata bahasa Inggris melalui metode permainan bingo. Jurnal Ilmiah VISI PPTK PAUDNI, 2,114-121. Diakses dari http://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://journal.unj.acid/unj.ac.id/unj/index.php/jiv/article/download/3749/2793/ved=23ahUKEewihyuze2pTfAhVWWH0KHVUDDz1QFjABegQ1ChAB&usg=AOvVaw3i1Cm66DeM_WafibUZwXT&eshid=154445904097 pada tanggal 26 Oktober 2018.
UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NO.20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL
Unduhan
Diterbitkan
2019-06-28
Cara Mengutip
Dewi, N. F., Victoria, D. C., & Anita, I. (2019). Penerapan Metode Permainan Bingo untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dalam Pembelajaran Kosa Kata Benda Bahasa Inggris Kelas 4 Sekolah Dasar. EDUCARE, 17(1), 28–33. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/238
Terbitan
Bagian
Research