Penerapan Media Puppet Show dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa SD Kelas V

Penerapan Media Puppet Show dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa SD Kelas V

Penulis

  • Fransiska Adelina Habeahan Program Studi Pendidikan Guru SD, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Davidescu Cristiana Marta Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Ike Anita Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Langlangbuana

Kata Kunci:

keterampilan bahasa inggris, media pupper show, independent sample t-test

Abstrak

Metode pembelajaran yang tepat dapat membangkitkan motivasi belajar siswa, tidak terkecuali dalam pembelajaran bahasa Inggris yang masih sulit dikuasai oleh mayoritas orang Indonesia. Salah satu metode pembelajaran yang diuji adalah media Puppet Show. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk menguji apakah media Puppet Show efektif dalam meningkatkan keterampilan bahasa Inggris siswa kelas V SD Kristen Pelita dan kesulitan yang dialami sewaktu menggunakan media ini. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes berbentuk uraian kepada kelas V B lalu dibandingkan hasilnya dengan kelas V A yang tidak diuji. Pengujian dilakukan menggunakan independent sample t-test dengan hasil media Puppet Show efektif dalam meningkatkan keterampilan bahasa Inggris siswa dan tidak ada kesulitan yang berarti dalam menggunakan media tersebut.

Referensi

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Setiawan, B. (2015). Teknik Praktis Analisis Data Penelitian Sosial dan Bisnis dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Diterbitkan

2019-12-31

Cara Mengutip

Habeahan, F. A., Marta, D. C., & Anita, I. (2019). Penerapan Media Puppet Show dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa SD Kelas V. EDUCARE, 17(2), 144–150. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/255

Terbitan

Bagian

Research
Loading...