Penerapan Media Puppet Show dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa SD Kelas V
Kata Kunci:
keterampilan bahasa inggris, media pupper show, independent sample t-testAbstrak
Metode pembelajaran yang tepat dapat membangkitkan motivasi belajar siswa, tidak terkecuali dalam pembelajaran bahasa Inggris yang masih sulit dikuasai oleh mayoritas orang Indonesia. Salah satu metode pembelajaran yang diuji adalah media Puppet Show. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk menguji apakah media Puppet Show efektif dalam meningkatkan keterampilan bahasa Inggris siswa kelas V SD Kristen Pelita dan kesulitan yang dialami sewaktu menggunakan media ini. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes berbentuk uraian kepada kelas V B lalu dibandingkan hasilnya dengan kelas V A yang tidak diuji. Pengujian dilakukan menggunakan independent sample t-test dengan hasil media Puppet Show efektif dalam meningkatkan keterampilan bahasa Inggris siswa dan tidak ada kesulitan yang berarti dalam menggunakan media tersebut.Referensi
Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian: Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Setiawan, B. (2015). Teknik Praktis Analisis Data Penelitian Sosial dan Bisnis dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Setiawan, B. (2015). Teknik Praktis Analisis Data Penelitian Sosial dan Bisnis dengan SPSS. Yogyakarta: Andi.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Unduhan
Diterbitkan
2019-12-31
Cara Mengutip
Habeahan, F. A., Marta, D. C., & Anita, I. (2019). Penerapan Media Puppet Show dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Siswa SD Kelas V. EDUCARE, 17(2), 144–150. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/255
Terbitan
Bagian
Research