Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis
Keywords:
Critical Thinking Ability, Problem Based Learning ModelAbstract
The purpose of this study was to determine the effect of applying the PBL learning model to improving students' critical thinking skills. The research sample used was class X-Accounting 1 and X-Accounting 2. The first meeting was given a pretest in the control and experiment classes, while the second meeting and the last meeting were given posttest. The control class uses the learning model / method commonly used by the subject teachers while the experimental class uses the PBL learning model. The results of the pretest and posttest data were processed using IBM SPSS version 21 and Microsoft Excel. Hypothesis testing is done using non-parametric techniques. The test results show that the class that uses the PBL learning model has advantages, namely an increase in students' critical thinking skills that are significant compared to the class that does not use the learning model. These advantages are seen from indicators of critical thinking which include the ability to analyze, evaluate and create better after using the PBL learning model. Based on the results of the study, it is recommended to use the PBL learning model in teaching and learning activities in order to develop students' critical thinking skills well.References
Afrizon, R., Ratnawulan, & Fauzi, A. (2012). Peningkatan Perilaku Berkarakter dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX MTsN Model Padang Pada Mata Pelajaran IPA-FISIKA Menggunakan Model Problem Based Instruction. [Online].Tersedia.htttp://ejournal.unp.ac.id/jppf/RenolAfrizon. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika. (Februari 2012). Electronic Edition 2252-3014. [Mei 08 2018].
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ali, M., & Asrori, M. (2014). Metodologi dan Aplikasi riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Amir, M. T. (2013). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana.
Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Badri, S. (2012). Metode Statistika Untuk Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Dahar, R. W. (2013). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Dimyati, & Mujiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Faridhotus. (2015). Penggunaan Model Pembelajaran PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis matematis Siswa. (Skripsi). Purwokerto: IAIN.
Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. (B. Hadinata, Penerj.) Jakarta: Erlangga.
Fujiati, A. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Tipe Jurisprudensial Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. (Skripsi). Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
Gunawan, I. (2016). Pengantar Statistika Inferensial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hidayat, A. (2017, Januari 31). Begini Cara Pengujian Normalitas dan Homogenitas. Hal. 1. Analisis Data dalam Skripsi.
Hidayat, U. (2011). Model-model Pembelajaran Berbasis PAIKEM. Sukabumi: Siliwangi & Co.
Husnidar, dkk. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Bepikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa. [Online].Tersedia.http://www.download.portalgaruda/berpikir kritis Husnidar: Volume 1 (April 2014). Number 1 Electronic Edition ISSN 2335-4185. [3 Maret 2018].
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nurdin, S., & Adriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Pemerintah Republik Indonesia. (2016). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. [online]. Tersedia http://www.kelembagaan.ristekdikti.go.id/uu_no_20_th_2003.pdf [15 Oktober 2018].
Purwanto, N. (2014). Ilmu Pendidikan teoritis dan Praktis. Bandung : PT remaja Rosdakarya.
Ratnasari, N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Akuntansi. Pontianak: Universitas Tanjungpura. Tersedia Januari 21, 2018, dari http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5553
Riyanto, Y. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran. Surabaya: Kencana.
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikukum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sore, A. D. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Mengoptimalkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil belajar Siswa. [Online].Tersedia.http://www.download.portalgaruda/berpikir kritis Avelius Dominggus Sore. [14 April 2018].
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Suwarma, D. M. (2009). Suatu Alternatif Pembelajaran Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Bandung: Cakrawala Maha Karya.
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ali, M., & Asrori, M. (2014). Metodologi dan Aplikasi riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Amir, M. T. (2013). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana.
Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arifin, Z. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Badri, S. (2012). Metode Statistika Untuk Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Dahar, R. W. (2013). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Dimyati, & Mujiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Faridhotus. (2015). Penggunaan Model Pembelajaran PBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis matematis Siswa. (Skripsi). Purwokerto: IAIN.
Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar. (B. Hadinata, Penerj.) Jakarta: Erlangga.
Fujiati, A. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Tipe Jurisprudensial Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi. (Skripsi). Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
Gunawan, I. (2016). Pengantar Statistika Inferensial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hidayat, A. (2017, Januari 31). Begini Cara Pengujian Normalitas dan Homogenitas. Hal. 1. Analisis Data dalam Skripsi.
Hidayat, U. (2011). Model-model Pembelajaran Berbasis PAIKEM. Sukabumi: Siliwangi & Co.
Husnidar, dkk. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Bepikir Kritis dan Disposisi Matematis Siswa. [Online].Tersedia.http://www.download.portalgaruda/berpikir kritis Husnidar: Volume 1 (April 2014). Number 1 Electronic Edition ISSN 2335-4185. [3 Maret 2018].
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nurdin, S., & Adriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Remaja Rosdakarya.
Pemerintah Republik Indonesia. (2016). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. [online]. Tersedia http://www.kelembagaan.ristekdikti.go.id/uu_no_20_th_2003.pdf [15 Oktober 2018].
Purwanto, N. (2014). Ilmu Pendidikan teoritis dan Praktis. Bandung : PT remaja Rosdakarya.
Ratnasari, N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Akuntansi. Pontianak: Universitas Tanjungpura. Tersedia Januari 21, 2018, dari http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/5553
Riyanto, Y. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran. Surabaya: Kencana.
Rusman. (2014). Model-model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikukum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sore, A. D. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Mengoptimalkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil belajar Siswa. [Online].Tersedia.http://www.download.portalgaruda/berpikir kritis Avelius Dominggus Sore. [14 April 2018].
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Suwarma, D. M. (2009). Suatu Alternatif Pembelajaran Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Bandung: Cakrawala Maha Karya.
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downloads
Published
2018-12-31
How to Cite
Mitasari, S., Herdhiana, R., & Sritumini, B. A. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Pengantar Ekonomi dan Bisnis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 4(2), 102–112. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/jp2ea/article/view/310
Issue
Section
Research