Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Student Team Achievment Division Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik di Sekolah Dasar

Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Student Team Achievment Division Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik di Sekolah Dasar

Authors

  • Bayu Aji Prayoga Program Studi Pendidikan Guru SD, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Reviandari Widyatiningtyas Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Farid Soleh Nurdin Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Langlangbuana

Keywords:

stad, kemampuan pemahaman matematis

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman matematis yang perlu ditingkatkan dan suatu kajian tentang penerapan model pembelajaran student teams achievement division pada pembelajaran matematika. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran student team achievment division terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa di SD. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen. Populasi seluruh siswa kelas V SDN Pelita Bandung. Sampel yang diambil 48 siswa dikelas eksperimen dan kelas kontrol. Analisis data menggunakan Uji-t dan indeks gain. Berdasarkan analisis data penggunaan model pembelajaran student teams achievement division berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pemahaman matematis peserta didik di SD.

References

Agus Suprijono. (2009). Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Agus Suprijono. (2011). Cooperative Learning teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arindawati, (2004) Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Jakarta: Bayu Media.

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Panduan Pengembangan Silabus Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : CV. Laksana Mandiri.

Erman Suherman. dkk.(2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : JICA-UPI

Hamdani, M. A. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia

Imas Kurniasih dan Berlin Sani. (2015). Model Pembelajaran. Kata Pena

Jihad, A. (2008). Pengembangan Kurikulum Matematika.Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kokom Komalasari. (2011). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Refika Aditama.

Lie, Anita. 2010. Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta: Garsindo.

Meltzer. (2002). The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physic Variable” in DiagnosticDepartementof PhysicPretestand Scor
Astronomyz: IOWA State University, Ames, Iowa. Tersedia [online]: http://www.physic.iastate.edu/per/doc/Addendum on normalized gain. (12 Juni 2017 ).

Ruseffendi. (1991). Penilaian Pendidikan Dan Hasil Belajar Siswa Khususnya Dalam Pengajaran Matematika Untuk Guru Dan Calon Guru. Bandung

Ruseffendi. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito

Ruseffendi. (2010). Dasar-dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.

Rusman. (2012)Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pers.

Rusman. (2013). Model-model Pembelajaran Edisi Kedua. Bandung: Rajagrafindo.

Santi susanti (2013) Taksonomi Bloom (Ranah Kognitif, Afektif, dan Psikomotor) serta Identifikasi Permasalahan Pendidikan di Indonesia[online] tersedia https://santisusanti1995.wordpress.com/2013/12/10/taksonomi- bloom-ranah-kognitif-afektif-dan-psikomotor-serta-identifikasi- permasalahan-pendidikan-di-indonesia/. [20 Agustus 2017]

Sifa Siti Mukrimah. (2014). 53 Metode Belajar dan Pembelajaran plus Aplikasinya. Bandung: Bumi Siliwangi.

Slavin, Robert E. (2000). Cooperatif Learning Theory, Research, and Practice. Second Edition. Noedham Height: A. Simon and Scuster Company.

Slavin, Robert E. (2010). Cooperatif Learning Teori dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Sobel, Max A. (2004). Mengajar Matematika Sebuah Buku Sumber Alat Peraga Aktivitas dan Strategi. Jakarta: Erlangga

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta

Stylianides, A.J, & Stylianides, G.J. (2007). Learning Mathematics with Understanding: A Critical Consideration of the Learning Principle in the Principles and Standards for School Mathematics. TMME. Vol 4. No. 1. p.103 : California.
UU RI No 20 (2003). Tentang Sistem Pendidikan Nasional.[online]. Tersedia http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&cad=rja&uact=8&ved=0ahUKEwjK7ZuFzTVAhWCEpQKHdkuDU4QFggmMAA&url=http%3A%2F%2Fpendis.kemnag.go.id%2Fpai%2Ffile%2Fdokumen2FSisdiknasUUNo.20Tahun2003.pdf&usg=AFQjCNGfkBV9rUjZF0CKBkeSFP7ES wA . [7 Agustus 2017]

Downloads

Published

2017-12-29

How to Cite

Prayoga, B. A., Widyatiningtyas, R., & Nurdin, F. S. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Student Team Achievment Division Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik di Sekolah Dasar. EDUCARE, 15(2), 20–29. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/217

Issue

Section

Research
Loading...