Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping
Keywords:
Mind Mapping, koneksi matematisAbstract
Latar belakang masalah adalah rendahnya kemampuan koneksi matematis. Kemampuan koneksi matematis termasuk kedalam kemampuan berpikir tingkat tinggi dan merupakan salah satu kompetensi yang penting untuk dimiliki siswa. Dengan demikian perlu diterapkan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Tujuan penelitian utuk mengetahui capaian peningkatan kemampuan koneksi matematis melalui penerapan model pembelajaran Mind Mapping. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol non-ekuivalen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII salah satu SMP di Kabupaten Bandung. Dipilih dua kelas siswa kelas VII sebagai sampel penelitian satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu sebagai kelas kontrol. Kesimpulan penerapan model pembelajaran Mind Mapping terdapat peningkata koneksi matematis siswa yang lebih baik.References
Ahmad, S. (2010). Indeks Gain. [Online]. Tersedia: http://www.Matematika.us/. [18 Februari 2015]
Arikunto, S (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S dan Jabar, Cepi.S.A (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Buzan, T. (2008). Buku Pintar Mind Mapp. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Dwi, R. I. (2010). Penerapan Strategi Pembelajaran Mind Mapping dalam Pembelajaran Matematika Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Teorema Phytagoras. Skripsi FKIP UMS. Surakarta: Tidak Diterbitkan.
Herdian. (2010). Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. [online]. Tersedia: http://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-koneksi- matematis/. [17 Februari 2015]
Lestari, P. (2011). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMK Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Tersedia: http://publikasi.stkipsiliwabgi.ac.id/files/2012/09/Prodising-Seminar-Nasional-Pendidikan.Matematika.[27 September 2015]
Meca, F. (2010). Penerapan Model Mind Map Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar IPS Terpadu pada Siswa Kelas VII-A SMP Walisongo Gempol di Pasuruan. Skripsi UIN. Malang: Tidak Diterbitkan.
Meltzer. (2002). The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gain in Physic: A Possible “Hidden in Va Diagnostic Pretest Score. Department of Physic and Astronomyz: IOWA State University, Ames, Iowa. Tersedia: http://www.physic.iastate.edu/per/doc/Addendum on normalized gain. [17 Februari 2015]
NCTM. (2000). Principes and Standars for School Mathematics. USA: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Nur, A. S. (2011). Peningkatan Keterampilan Bercerita dengan Menggunakan Teknik Peta Konsep Pada Siswa Kelas X-6 SMA Negeri Imogiri, Bantul. Skripsi: UNY. Yogjakarta: Tidak Diterbitkan.
PISA. (2009). Pisa Country Pyrofiles. [Online].Tersedia://www.pisa.oecd.org.[ 4 Juli 2015]
Ruseffendi, E. T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan Dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta
Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Tim MKPBM Jurusan Pendidikan Matematika UPI Bandung.
Suherman, E. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Tim MKPBM Jurusan Pendidikan Matematika UPI Bandung.
Suherman, E. (2012). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Modul Semester 3 Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA UPI Bandung.
Yuli. (2011). Pengertian Koneksi Matematika Menurut NCTM. [Online]. Tersedia: http://yulimpd.files.wordpress.com/2011/01/makalah- koneksi.pdf. [18 Februari 2015]
Arikunto, S (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S dan Jabar, Cepi.S.A (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Buzan, T. (2008). Buku Pintar Mind Mapp. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Dwi, R. I. (2010). Penerapan Strategi Pembelajaran Mind Mapping dalam Pembelajaran Matematika Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Teorema Phytagoras. Skripsi FKIP UMS. Surakarta: Tidak Diterbitkan.
Herdian. (2010). Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. [online]. Tersedia: http://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-koneksi- matematis/. [17 Februari 2015]
Lestari, P. (2011). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMK Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual. Dalam Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Tersedia: http://publikasi.stkipsiliwabgi.ac.id/files/2012/09/Prodising-Seminar-Nasional-Pendidikan.Matematika.[27 September 2015]
Meca, F. (2010). Penerapan Model Mind Map Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Prestasi Belajar IPS Terpadu pada Siswa Kelas VII-A SMP Walisongo Gempol di Pasuruan. Skripsi UIN. Malang: Tidak Diterbitkan.
Meltzer. (2002). The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gain in Physic: A Possible “Hidden in Va Diagnostic Pretest Score. Department of Physic and Astronomyz: IOWA State University, Ames, Iowa. Tersedia: http://www.physic.iastate.edu/per/doc/Addendum on normalized gain. [17 Februari 2015]
NCTM. (2000). Principes and Standars for School Mathematics. USA: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Nur, A. S. (2011). Peningkatan Keterampilan Bercerita dengan Menggunakan Teknik Peta Konsep Pada Siswa Kelas X-6 SMA Negeri Imogiri, Bantul. Skripsi: UNY. Yogjakarta: Tidak Diterbitkan.
PISA. (2009). Pisa Country Pyrofiles. [Online].Tersedia://www.pisa.oecd.org.[ 4 Juli 2015]
Ruseffendi, E. T. (2010). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan Dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito.
Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta
Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Tim MKPBM Jurusan Pendidikan Matematika UPI Bandung.
Suherman, E. (2003). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Tim MKPBM Jurusan Pendidikan Matematika UPI Bandung.
Suherman, E. (2012). Belajar dan Pembelajaran Matematika. Modul Semester 3 Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan Matematika dan IPA UPI Bandung.
Yuli. (2011). Pengertian Koneksi Matematika Menurut NCTM. [Online]. Tersedia: http://yulimpd.files.wordpress.com/2011/01/makalah- koneksi.pdf. [18 Februari 2015]
Downloads
Published
2015-12-30
How to Cite
Srinita, N., Tapilouw, M., & Widyatiningtyas, R. (2015). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Melalui Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping. EDUCARE, 13(2), 10–17. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/199
Issue
Section
Research