Penerapan Model Pembelajaran Individu Keller Plan pada Perkuliahan Ilmu Alamiah Dasar
Abstract
Telah dilakukan penelitian mengenai penerapan model pembelajaran individu Keller Plan pada perkuliahan Ilmu Alamiah Dasar di FKIP UNLA terhadap sampel total mahasiswa angkatan 1998/1999 peserta perkuliahan Ilmu Alamiah Dasar sebanyak 38 orang. Dengan membatasi materi IAD pada materi lingkungan, dan metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen, menghasilkan kesimpulan yaitu bahwa pemahaman materi lingkungan mahasiswa sebelum pembelajaran tergolong pada katagori sedang dan setelah pembelajaran dengan menerapkan model Keller Plan berada pada katagori tinggi, juga terdapat perbedaan prestasi sebelum dan sesudah pembelajaran. Jadi pemahaman mahasiswa meningkat.References
Hamalik O. (1984), Mengajar Azas-Metode-Teknik, Bandung, Martiana.
Hendry Lansford. (1985), Pencemaran Lingkungan, Artikel dalam Ilmu Pengetahuan Populer.
Joice B. & Weil M. (1980), Model of Teacing, New Jersey, Prentice-Hall, Inc.
Konsorsium Antar Bidang. (1982), Ilmu-Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu-Ilmu Budaya Dasar, dan Ilmu-Ilmu sosial Dasar (Kumpulan Pedoman Umum), Jakarta, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Nasution S. (1987), Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar, Jakarta, Bina Aksara.
Soeriaatmadja. (1989), Ilmu Lingkungan, Bandung, ITB.
Subino. (1987), Kontruksi dan analisis Tes Suatu Pengantar Kepada Teori Tes dan Pengukuran, Jakarta, PPLPTK Depdikbud Dikti.
Sudjana. (1975), Metode Statistika, Bandung, Tarsito.
Sudjoko, Siti Maryam. (1985), Pengajaran Biologi Secara Individual, Jakarta, Universitas Indonesia.
Suharsimi A. (1992), Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara.
Surachmad W. (1987), Metodologi Pengajaran. Surabaya, Jenmars.
Surya M. (1997), Pergeseran Paradigma Pendidikan Menyongsong Abad ke 21. Jurnal Pendidikan No. 4 Tahun XVI 1997, Bandung, IKIP Bandung