Vol. 3 No. 1, Juli 2005
Research

Kurikulum Berbasis Kompetensi dalam Konteks Manajemen Berbasis Sekolah

Reviandari Widyatiningtyas
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Langlangbuana
Published July 1, 2006
How to Cite
Widyatiningtyas, R. (2006). Kurikulum Berbasis Kompetensi dalam Konteks Manajemen Berbasis Sekolah. EDUCARE, 3(1). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/84

Abstract

Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) merupakan suatu desain kurikulum yang dikembangkan berdasarkan seperangkat kompetensi tertentu. Pembelajaran Berbasis Kompetensi adalah program pembelajaran di mana hasil belajar atau kompetensi yang diharapkan dicapai oleh siswa, sistem penyampaian dan indikator penyampaian hasil belajar dimasukkan secara tertulis sejak perencanaan dimulai. Dengan memperhatikan karakteristik pengembangan implementasi KBK serta konsep, tujuan dan prinsi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) dapatlah dikatakan bahwa implementasi KBK hanya akan berhasil dengan baik apabila praktek manajemen sekolah diisi dengan semangat impelemenasi MBS. Pelaksanaan implementasi MBS yang benar akan menjamin peningkatan kadar implementasi KBK di setiap sekolah.

References

  1. Tersedia di dalam naskah.