Research
Published
August 1, 2006
How to Cite
Widyatiningtyas, R. (2006). PEMBENTUKAN PENGETAHUAN SAINS, TEKNOLOGI, DAN MASYARAKAT DALAM PANDANGAN PENDIDIKAN IPA. EDUCARE, 1(2). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/11
Abstract
Pengetahuan yang dimiliki seseorang pada dasarnya berupa konsep-konsep. Konsep-konsep ini diproleh individu sebagai hasil berinteraksi dengan lingkungan. Dengan konsep-konsep dapat disusun suatu prinsip, yang dapat digunakan sebagai landasan dalam berpikir. Konsep didefinisikan oleh beberapa ahli sebagai berikut. Menurut Good (1973: 124), konsep adalah gambaran dari ciri-ciri, yang dengan ciri-ciri itu objek-objek dapat dibeda-bedakan. Menurut Yelon et al. (1971: 190), konsep adalah elemen umum dari sekelompok objek, peristiwa atau proses. Sedangkan menurut Kuslan dan Stone (1968: 79), konsep adalah sifat Khas yang diberikan pada sejumlah objek, proses, fenomena, atau peristiwa, yang dapat dikelompokkan berdasarkan sifat khas itu.References
- Bloom, et al. (1971), Taxonomy of Educational objectives The Classification of Educational Goal Handbook I Cognitive Domain, New York: David Mc.’lay Company.
- Carin, A.A., & Sund, R.B. (1980), Teaching Science Through Discovery, Columbus: Charles E. Merrill Publishing.
- Dahar, R.W. (1985), Kesiapan Guru Mengajarkan Sains di Sekolah Dasar Ditinjau Dari Pengembangan Keterampialan Proses Sains, Disertai Doktor FPS IKIP, IKIP Bandung: tidak diterbitkan
- _______, (1989), Teori-teori Belajar, Jakarta: Erlangga.
- Fischer, R.B. (1971), Science, Man and Siciety, Philadelphia: Saunders Co. Gagne, R.M. (1985), The Condition of Learning and Theory of Instruction, New York: Holt, Rinehort and Winston.
- Gagne, R.M. & Briggs, L.J. (1974), Principlesof Instructional Desig,. New York: Rinehort and Winston.
- Gordner, P.L. (1975), The Stucture of Science Education, How Thorn Victoria Australia: Longman Australia Pty Limited.
- Good, C.V. (Eds), (1973), Dictionary of Education, New York: Mc Graw Hill Book Company.
- Hall, G.e. et al. (1979), Maesuring Stage of Concern about The Innovation: A Manual foe use of the Sacial Questionnaire, Austin: Univercity of Texas. Kuslan, L.I. & Stone, A.H. (1968), Teaching Children Science: An Inquiry Approach, Belmount: Wadsworth Publishing Company. Inc.
- Poedjiadi, A. (1990), “Kecenderungan Pendidikan Sains dan Teknologi dimasa yang Akan Datang. Makalah dan Lokakarya tentang Reorientasi dan perubahan Kurikulum Pendidikan Menengah Umum”, Jakarta, 17-19 Januari
- _______,(1995), “Partisipasi FPMIPA IKIP Bandung dalam Menunjang Perkembangan Pendidikan Sains dan Teknologi Dewasa ini “, Makalah Disajikan pada Seminar Staff FPMIPA IKIP Bandung. Bandung, 3 Mei.
- Poerwadarminta, W.J.S. (1983), Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: PN. Balai Pustaka.
- Rogers, E.M. & Shoemaker, F.F. (1971), Communication of Innovation: Crosscultural Approach, New York: Free Press.
- Rubba, P.A. (1993), “Examination of Preservice and Inservice Secondary Science Teachers Beliefs about Science –Technology-Society Interactions”, Science Education, 407-431.
- Titus, H.H.(1959), Living Issues In Philoshophy, New York: American Book Company.
- Varella, G.F. (1992), “Greater Ability to Apply Concepts Using and Science/Technology/Sociaty Approach to Teaching Science”, ICASE YEARBOOK, 87-92.
- Yager, R.E. (1992), “Science-Technology- Society as Reform”, ICASE YEARBOOK, 2-8.