Vol. 2 No. 2, Agustus 2004
Research

KONTRIBUSI PEMBINAAN MAHASISWA OLEH DOSEN TERHADAP KEGAIRAHAN BELAJAR MAHASISWA

Rita Zahara
Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Langlangbuana
Published August 1, 2006
How to Cite
Zahara, R. (2006). KONTRIBUSI PEMBINAAN MAHASISWA OLEH DOSEN TERHADAP KEGAIRAHAN BELAJAR MAHASISWA. EDUCARE, 2(2). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/27

Abstract

Keberhasilan dari proses pembelajaran dipengaruhi oleh berbagai faktor yang merupakan komponen pembelajaran. Salah satu faktor dari komponen pembelajaran adalah faktor dosen sebagai pembina mahasiswa. Salah satu keberhasilan dari pembinaan dosen dengan berupaya menciptakan suasana kegairahan belajar mahasiswa, yang dapat ditumbuhkan baik dalam situasi akademik dan non akademik.

References

  1. Arikunto Suharsimi, 1991. Metode Penelitian Sirvai Suatu Pendekatan Praktis, Jakarta : LP3ES
  2. ________________. 1993. Manajemen Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
  3. Abdulhak, I, 1996. Strategi Membangun Motivasi dalam Pembelajaran Orang Dewasa. Bandung : AGTA Manunggal Utama.
  4. Bloom,B.S. (1956 ). Taxonomy of Educational Objectives. London: Long Man Group Limitied.
  5. DePorter, B. Dkk, 2003. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.
  6. Hamalik, O, 1992. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
  7. Mulyasa, E. ( 2005 ). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
  8. Poerwadarminta,W.J.S. (1976), Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
  9. Sudjana. (1996 ). Teknik Analisis Regresi dan Korelasi. Bandung : Tarsito.
  10. Syamsudin, A. ( 1982 ) Psikologi Pendidikan. Bandung: IKIP Bandung.
  11. Sagala, S, 2005. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
  12. Rooijakkers,Ad. 1984, Mengajar dengan sukses. Jakarta: PT Gramedia.
  13. Usman,U. ( 2001 ). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.