ENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL
Abstract
Pelaksanaan pembelajaran kooperatif merupakan langkah implementasi dari rencana pembelajaran kooperatif, berisi rincian dari prosedur pembelajaran. Sama dengan pada prosedur ada empat langkah utama yang merupakan sintaks dari model pembelajaran kooperatif hasil pengembangan, yaitu langkah: orientasi, eksplorasi, pendalaman dan penyimpulan. Langkah Orientasi atau kegiatan awal pembelajaran merupakan langkah untuk mendorong kelas memusatkan perhatian terhadap pembelajaran; Langkah Eksplorasi atau kegiatan inti pertama, merupakan langkah untuk mengajak dan mendorong siswa untuk mencari dan menemukan fakta, pengetahuan, masalah dan pemecahan; Langkah Pemantapan atau kegiatan inti kedua, merupakan langkah untuk memperdalam, memperluas, memantapkan, memperkuat penguasaan materi dan kemampuan yang telah dicapai pada langkah eksplorasi; dan Langkah Penyimpulan atau kegiatan akhir pembelajaran, merupakan langkah untuk menyimpulkan atau merangkumkan dan menegaskan tentang apa yang telah dipelajari.References
Adisukarjo, S. (2005). Horizon Pengetahuan Sosial 5 B. Jakarta: Yudhistira.
Al. Muhtar,S. (2006). Pengembangan Berfikir dan Nilai dalam Pendidikan IPS. Bandung: Gelar Pustaka Mandiri.
Banks, JA. & Ambrose, A.C. (1985). Teaching Strategies for the Social Studies. New York: Longman,Inc.
Baar, Sarth and Shermis. (1978). The Nature of the Social Studies. Palm Spring California: ETC Publications.
Bell,B.(1993). Children’s Science,Constructivism and Learning in Science. Australia: Dekin University.
Bloom, B.S. (1976). Human Characteristicts and School Learning. New York: Mc Graw-Hill Book.
Boediono,M. et, al. (1990). Menyongsong Globalisasi: Loncatan Konseptua & Kepemimpinan Intelektual. Mimbar Pendidikan. IX. Bandung: IKIP Bandung.
. .........., (1997). Pendidikan dan Perubahan Sosial Ekonomi. Yogyakarta: Aditya Media..
Bogdan R. and Biklen, SK. (1992). Qualitative and Research for Education: An Introduction to Theory and Method. Boston: Allyn and Bacon.
Cartledge, Cr. And Milburn, J. f. (1992). Teaching Social Skill to Children: Innovative Approach. New York: Pergemon Press.
Chaplin, J.R. & Messick, R.G. (1992). Elementary Social Studies: A Practical Guide. New York: Longman.
Chauhan, S.S. (1979). Innovation in Teaching –Learning Process. New Delhi: Vikas Publishing House PVT,Ltd.
Combs,M. L. & Slaby,D.A. (1977). Social Skill Training With Children.. New York: Plennum Press.
Djahiri, K. (1997). Membina PIPS, IPS dan PPS yang Menjawab Tantangan Hari Esok, Jurnal Pendidikan E. Sosial I /1993. Bandung: Forum Komunikasi FPIPS/PS Indonesia
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Kurikulum 2004: Standar Kompetensi SD dan MI. Jakarta.
. .......... (1999). Hasil Evaluasi Kurikulum 1994 untuk SD. Jakarta. Pusat Pengembangan Kurikulum dan Sarana Pendidikan Balitbang Depdikbud