Pendampingan Guru dalam Menemukan dan Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di Mts Miftahulfallah Bandung

Pendampingan Guru dalam Menemukan dan Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di Mts Miftahulfallah Bandung

Authors

  • Erliany Syaodih Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana
  • Cucu Lisnawati Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Keywords:

kesulitan belajar, refleksi

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi atas kepedulian pada hasil dan kualitas pembelajaran yang belum sesuai( mencapai) kriteria ketuntasan minimal (KKM). Diantara berbagai penyebab, salah satu unsur yang cukup dominan memberi kontribusi terhadap mutu lulusan adalah proses belajar dan pembelajaran yang dilaksanakan baik oleh guru maupun siswa, kesulitan belajar merupakan satu kondisi yang cukup dominan menghambat keberhasilan belajar pembelajaran. Kegiatan pengabdian ini diselenggarakan di Madrasah, difokuskan pada upaya pendampingan terhadap guru dalam menemukan dan mengatasi kesulitan belajar siswa dengan kegiatan refleksi pembelajaran yang dirinci dalam kegiatan-kegiatan : a) Menyusun instrumen refleksi pembelajaran, b) melakukan simulasi penggunaan instrumen refleksi pembelajaran, c)mendampingi guru dalam praktek menemukan bentuk-bentuk kesulitan belajar menggunakan instrumen refleksi pembelajaran, d) mendamping guru dalam mengatasi kesulitan belajar yang dihadapi siswa dengan memanfaatkan hasil refleksi pembelajaran, e) mensilmulasikan pemanfaatan hasil refleksi pembelajaran. Secara kuantitatif keluaran kegiatan ini adalah diperolehnya draft instrument untuk menditeksi kesulitan belajar siswa, hasil penelusuran dan pengamatan para guru di kelasnya masing-masing disamping data rill komponen kesulitan belajar siswa MTs Miftahulfallah.

References

Kartono, K. (2002). Psikologi Sosial 3. Gangguan kejiwaan. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Priansa, D.J. (2014). Kinerja dan Profesional Guru. Bandung : Alfabeta

Zaenal, A. (2009) Evaluasi Pembelajaran. Prinsip, Teknik, Prosedur. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Cooper, D. R. & Emory, C. W., 1999. Metode Penelitian Bisnis Jilid 1. 5th penyunt. Jakarta (DKI): Penerbit Erlangga

Downloads

Published

2018-12-31

How to Cite

Syaodih, E., & Lisnawati, C. (2018). Pendampingan Guru dalam Menemukan dan Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di Mts Miftahulfallah Bandung . EDUCARE, 16(2), 8–11. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/223

Issue

Section

Community Service

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 
Loading...