Vol. 2 No. 2, Agustus 2004
Research

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH-SEKOLAH

Cucu Lisnawati
Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Langlangbuana
Published August 1, 2006
How to Cite
Lisnawati, C. (2006). PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENDIDIKAN BUDI PEKERTI DI SEKOLAH-SEKOLAH. EDUCARE, 2(2). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/28

Abstract

Perilaku serta budi pekerti dari para pelajar atau remaja saat ini sangatlah memprihatinkan, tingkah laku dari seorang siswa kini sudah jarang mencerminkan sebagai seorang pelajar. Diantara mereka cenderung bertutur kata yang kurang baik, terkadang mereka bertingkah laku tidak sopan dan tidak lagi patuh terhadap orang tua maupun terhadap gurunya. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh kondusif tidaknya pendidikan budi pekerti yang mereka dapatkan, baik dari lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat.Keluarga sebagai lingkungan pertama tentu saja memiliki factor yang penting dalam membentuk pola perilaku seorang anak. Dalam hal ini diantaranya melalui perhatian, kasih sayang serta penerapan budi pekerti yang baik dari orang tua terhadap anaknya. Terlepas dari itu peran sekolah sebagai wahana dalam penyampaian pengajaran dan pendidikan turut mempengaruhi pula tingkat perkembangan budi pekerti seorang anak.

References

  1. Dedi Supriadi (2004) Membangun Bangsa Melalui Pendidikan . Bandung : Remaja Rosdakarya
  2. Ki Hajar Dewantara (1977) Pendidikan. Yogyakarta : majelis Luhur persatuan taman Siswa.
  3. Ngalim Purwanto M.P (1987) Ilmu Pendidikan (Teoritis dan Praktis).Bandung Remaja Karya.
  4. Suharsini Arikunto (1992) Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktis.Jakarta Rineka cipta.
  5. Winarno Surakhmad (1994) Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung