E-LEARNING DAN KELAS JAUH

E-LEARNING DAN KELAS JAUH

Authors

  • Asep Hidayat Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Langlangbuana

Abstract

Sejalan dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, memungkinkan menjadi sarana interaksi yang dapat digunakan dalam pendidikan jarak jauh untuk proses pembelajaran secara timbal balik di antara penyelenggara pendidikan, pendidik dan peserta didik. Salah satu teknologi informasi dan komuniksi yang digunakan adalah teknologi internet yang dapat diterapkan di berbagai bidang termasuk di bidang pendidikan atau latihan. Dengan adanya aplikasi pendidikan jarak jauh yang berbasiskan internet, maka ketergantungan akan jarak dan waktu yang diperlukan untuk pelaksanaan pendidikan dan latihan akan dapat diatasi, karena semua yang diperlukan akan dapat disediakan secara online sehingga dapat diakses kapan saja. Kata Kunci: e-learning, web, pendidikan jarak jauh 

References

Bullen, M. (2001), e-Learning and the Internationalization Education, Malaysian Journal of Educational Technology 1(1), 37-46.

Hartanto, A.A. dan Purbo, O.W. (2002), Teknologi e-Learning Berbasis PHP dan MySQL, Elex Media Komputindo, Jakarta.

Hashim, Y. and Razmah. Bt. Man (2001), An Overview of Instructional Design and Development Models for Electronic Instruction and Learning, Malaysian Journal of Educational Technology 1(1), 1-7.

Johnson D. W., Johson R. T., and Smith K., “Active Learning: Cooperation in the Classroom?k?, Edina, MN: Interaction Book Company (1991).

Johson D. W., “Learning together and alone?”, Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

Munaf, D.R. (2001), Cultural Threats on Development of ICT as a Tool for Open and Distance Learning. Speech delivered at the 7th International Symposium on Distance Education and Open Learning at Yogyakarta, November 2001.

Soekartawi (1995), Monitoring dan Evaluasi Proyek Pendidikan, PT Rajawali Press, Jakarta.

Soekartawi (2002a). Prospek Pembelajaran Melalui Internet. Makalah disampaikan pada Seminar Nasional ‘Teknologi Kependidikan’ yang diselenggarakan oleh UT-Pustekkom dan IPTPI, Jakarta, 18-19 Juli 2002.

Soekartawi (2002b), e-Learning: Konsep dan Aplikasinya. Bahan- Ceramah/Makalah disampaikan pada Seminar yang diselenggarakan oleh Balitbang Depdiknas, Jakarta, 18 Desember 2002.

Soekartawi, Suhardjono, T. Hartono dan A. Ansjarullah (1999), Rancangan Instruksional, PT Rajawali Press, Jakarta.

Sunday Star (30 June 2002), Learning in an Electronic Age. Kuala Lumpur.

Williams, B. (1999). The Internet for Teachers. IDG Books Worldwide.Inc., New Y ork.

Downloads

Published

2007-08-01

How to Cite

Hidayat, A. (2007). E-LEARNING DAN KELAS JAUH. EDUCARE, 5(1). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/54

Issue

Section

Research

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >> 
Loading...