Pendampingan pada Guru Kewirausahaan dengan Business Plan di SMK Bina Warga Bandung
Keywords:
kewirausahaan, business planAbstract
Membuka lapangan pekerjaan adalah sebuah tantangan bagi setiap individu, khususnya siswa SMK, mereka harus memiliki jiwa wirausaha dan berfikir kritis dan kreatif untuk menciptakan peluang usaha, mereka harus belajar tidak bergantung pada orang lain ataupun pemerintah. Dengan ilmu dan kreatifitas yang dimiliki pada saat sekolah terutama mendapatkan ilmu tentang kewirausahaan yang merupakan bagian dari pembelajaran diharapkan setiap siswa SMK memiliki kemampuan berwirausaha agar bisa membuka lapangan kerja sendiri. Sebagai langkah awal dalam memulai usaha diharuskan mampu membuat rencana usaha yang dituangkan dalam Business Plan adalah suatu rencana tertulis yang memuat rencana miniature bisnis dan tujuan bisnis, cara kerja dan rincian keuangan/ permodalan serta susunan para pemilik Modal, dan manajemn yang dipilih untuk mencapai tujuan Usaha. Kegiatan yang telah dilakukan meliputi (1) persiapan sumber daya yang diperlukan dalam PKM Pendampingan guru kewirausahaan dengan Business Plan di SMK Bina Warga Bandung. (2) melaksanakan program dengan model diskusi materi kewirausahaan antara tim Dosen PKM dari UNLA dengan Guru-Guru Kewirausahaan SMK Bina (3). Setelah materi kewirausahaan dan prsentasi hasil praktik dan refleksi; (3) Diskusi materi Business Plan dengan berpedoman pada materi ajar kewirausahaan yg telah disepakati bersama, (4). Penetapan buku Business Plan hasil kesepakatan (5) pelaporan kegiatan.References
A, Rahmat. (2016). Penerapan metode demonstrasi dengan menggunakan media benda asli pada mata pelajaran IPS Pokok Pembahasan perkembangan teknologi produksi. [Online]. Tersedia : http://repository.unpas.ac.id/14018/9/B
AB%20II.docx. [30 Januari 2017].
Abdul, Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Asep dan Abdul. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta. Multi Pressindo. Bambang, Warsita. 2008. Teknologi Paembelajaran : Landasan dan Aplikasinya. Jakarta. PT Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar & Pembelajaran. Jakarta. PT Rineka Cipta.
G, Silviana. (2016). Kajian Teori Tentang Model Explicit Intruction, Keterampilan Generik Sains dan Biosafety. [Online]. Tersedia : http://repository.unpas.ac.id/12417/5/2 .%20BAB%20II.pdf. [26 Januari 2017].
Hamzah dan Nurdin. 2012. Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta. PT Bumi Aksara
Hamzah, Uno dan Satria. 2013. Assesment Pembelajaran. Bandung : Bumi Aksara.
AB%20II.docx. [30 Januari 2017].
Abdul, Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.
Asep dan Abdul. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta. Multi Pressindo. Bambang, Warsita. 2008. Teknologi Paembelajaran : Landasan dan Aplikasinya. Jakarta. PT Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2013. Belajar & Pembelajaran. Jakarta. PT Rineka Cipta.
G, Silviana. (2016). Kajian Teori Tentang Model Explicit Intruction, Keterampilan Generik Sains dan Biosafety. [Online]. Tersedia : http://repository.unpas.ac.id/12417/5/2 .%20BAB%20II.pdf. [26 Januari 2017].
Hamzah dan Nurdin. 2012. Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta. PT Bumi Aksara
Hamzah, Uno dan Satria. 2013. Assesment Pembelajaran. Bandung : Bumi Aksara.
Downloads
Published
2018-12-31
How to Cite
Zahara, R., Herdhiana, R., & Sritumini, B. A. (2018). Pendampingan pada Guru Kewirausahaan dengan Business Plan di SMK Bina Warga Bandung . EDUCARE, 16(2), 17–21. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/225
Issue
Section
Community Service