Peningkatan Kemampuan Membaca, Menulis dan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Pengalaman Berbahasa Terkonsentrasi (PBT)

Peningkatan Kemampuan Membaca, Menulis dan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Pengalaman Berbahasa Terkonsentrasi (PBT)

Authors

  • Yeni Nuraeni MTs. Miftahulfalah
  • Popon Mariam Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Keywords:

model pbt, kemampuan membaca, kemampuan menulis, kemampuan berbicara

Abstract

Fokus penelitian diarahkan pada upaya peningkatan kemampuan anak dalam membaca, menulis dan berbicara bahasa Arab melalui penerapan model pembelajaran pengalaman berbahasa terkonsentrasi (PBT). Penelitian ini dilaksanakan di sekolah Mts Miftahulfalah dan ditujukan untuk siswa di kelas VII. Metode penilitian menggunakan metoda Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca, menulis dan berbicara bahasa Arab siswa hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan pada hasil test siswa.

References

Arsyad, Azhar. (2002) Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya (Beberapa Pokok Pikiran). Pustaka Pelajar. Makasar.

Arikunto, Suharsimi, Prof., Dr., Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek) Edisi Revisi V. Jakarta. Rineka Cipta.

Djamarah, Bahri, Syaiful, Drs., dkk. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta. Muhammad, Abubakar, Drs., Metode Khusus Pengajaran Bahasa Arab.
Surabaya. Usaha Nasional.

Yusuf, Tayar, Drs, H., dkk., Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Lughotudhod. Penerapan Metode Muhadasah dalam Pembelajaran Bahasa Arab Guna Peningkatan Keberhasilan Siswa Kelas VII B MTs. Negeri Jabung Talun Blitar. http://lughotudhod.blogspot.com/2013 /04/contoh-ptk-bahasa-arab-1- penerapan.html?m=1

Downloads

Published

2019-12-31

How to Cite

Nuraeni, Y., & Mariam, P. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca, Menulis dan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Pengalaman Berbahasa Terkonsentrasi (PBT). EDUCARE, 17(2), 127–131. Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/252

Issue

Section

Research
Loading...