Peningkatan Kemampuan Membaca, Menulis dan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Pengalaman Berbahasa Terkonsentrasi (PBT)

Peningkatan Kemampuan Membaca, Menulis dan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Pengalaman Berbahasa Terkonsentrasi (PBT)

Penulis

  • Yeni Nuraeni MTs. Miftahulfalah
  • Popon Mariam Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP, Universitas Langlangbuana

Kata Kunci:

model pbt, kemampuan membaca, kemampuan menulis, kemampuan berbicara

Abstrak

Fokus penelitian diarahkan pada upaya peningkatan kemampuan anak dalam membaca, menulis dan berbicara bahasa Arab melalui penerapan model pembelajaran pengalaman berbahasa terkonsentrasi (PBT). Penelitian ini dilaksanakan di sekolah Mts Miftahulfalah dan ditujukan untuk siswa di kelas VII. Metode penilitian menggunakan metoda Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca, menulis dan berbicara bahasa Arab siswa hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan pada hasil test siswa.

Referensi

Arsyad, Azhar. (2002) Bahasa Arab dan Metode Pengajarannya (Beberapa Pokok Pikiran). Pustaka Pelajar. Makasar.

Arikunto, Suharsimi, Prof., Dr., Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek) Edisi Revisi V. Jakarta. Rineka Cipta.

Djamarah, Bahri, Syaiful, Drs., dkk. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta. Muhammad, Abubakar, Drs., Metode Khusus Pengajaran Bahasa Arab.
Surabaya. Usaha Nasional.

Yusuf, Tayar, Drs, H., dkk., Metodologi Pengajaran Agama dan Bahasa Arab. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Lughotudhod. Penerapan Metode Muhadasah dalam Pembelajaran Bahasa Arab Guna Peningkatan Keberhasilan Siswa Kelas VII B MTs. Negeri Jabung Talun Blitar. http://lughotudhod.blogspot.com/2013 /04/contoh-ptk-bahasa-arab-1- penerapan.html?m=1

Diterbitkan

2019-12-31

Cara Mengutip

Nuraeni, Y., & Mariam, P. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca, Menulis dan Berbicara Melalui Model Pembelajaran Pengalaman Berbahasa Terkonsentrasi (PBT). EDUCARE, 17(2), 127–131. Diambil dari https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/252

Terbitan

Bagian

Research
Loading...