MAKNA PERUBAHAN PENDIDIKAN
Abstract
Perubahan pendidikan secara teknis sederhana dan secara sosial kompleks. Perlu diidentifikasikan faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi inovasi yang telah diadopsi. Ada empat faktor yang mempengaruhi implementasi inovasi. Pertama karakteristik dari perubahan, perlu dilihat masalah kebutuhan dan relevansi dari perubahan, kejelasan, kompleksitas, dan kualitas serta kepraktisan dari program. Kedua karakteristik dari tingkat wilayah sekolah, terdiri atas: sejarah dari upaya-uapaya inovasi, proses adopsi, dukungan dan keterlibatan administratur pusat, pengembangan dan partisipasi staf, sistem ketepatan waktu dan informasi, dan karakteristik dewan dan komunitas. Ketiga karakteristik pada tingkat sekolah, yang terdiri atas kepala sekolah, hubungan antara guru, dan karakteristik dan orientasi guru. Keempat karakteristik eksternal terhadap sistem lokal, yang terdiri atas peran pemerintah dan bantuan eksternal.Kata Kunci: perubahan pendidikan, inovasi pendidikan, adopsi.References
Tidak Tersedia
Downloads
Published
2007-08-01
How to Cite
Mariam, P. (2007). MAKNA PERUBAHAN PENDIDIKAN. EDUCARE, 5(1). Retrieved from https://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/educare/article/view/60
Issue
Section
Research